Langkah Menuju Sekolah Favorit Anak

Januari 31, 2024

Foto waktu ketemu teman-teman satu sekolah SMU dengan Guru Kesenian idola kami saat itu, dan di perlihatkan lab kesenian yang sudah ada di sekolah. Karena waktu jaman kami belum ada lab kesenian. Tapi Guru kami yang satu ini sangat kreatif. Beliau berhasil membuat warna dinding sekolah dengan gambar batu hitam putih dengan memanfaatkan hukuman terlambat sekolah untuk mengecatnya. 

Tahun ajaran baru memang masih sekitar empat bulan lagi dari tulisan ini dibuat. Tapi bagi orangtua tentu saja bukan waktu yang masih lama lagi rasanya. Ada banyak persiapan yang pastinya dilakukan untuk masa depan sekolah anak. Beberapa tingkatan sekolah baik SD, SMP bahkan SMU atau SMK semua memiliki jenjang kesempatan untuk mendapat sekolah favorit. 

Sekolah favorit memang bukanlah segalanya namun ketika berbicara kualitas pengajaran dan tempat sekolah anak pasti akan berbeda nilainya. Sekolah favorit dalam artian sekolah terbaik yang tepat untuk anak adalah harapan semua orangtua dan anak. 

Jalur untuk bisa dapatkan sekolah favorit ada 2

  • Jalur Prestasi
  • Jalur Tes

Jalur Prestasi 

Beberapa anak yang cukup mampu dan bisa mendapatkan sekolah favorit dengan prestasi. Seperti mendapat beasiswa dan prestasi lainnya. 

Jalur Tes

Bagi beberapa anak untuk bisa mendapatkan sekolah favorit bisa mengikuti beberapa tes dengan syarat tertentu. Untuk bisa menyelesaikan tes masuk sekolah favorit dibutuhkan pendampingan dengan bimbingan belajar. 

Saya sebagai anak biasa saja waktu sekolah dulu. Saya mengalami jenjang pendidikan waktu itu tak mengenal yang namanya bimbingan belajar. Tentunya karena keadaan ekonomi keluarga kami waktu itu memang tak bisa mendapatkan bimbingan belajar seperti teman-teman lain. 

Bimbingan belajar kala itu memang cukup mempengaruhi teman-teman saya mendapatkan sekolah favorit. Rerata dari mereka bisa mendapat sekolah favorit setelah tamat SD, SMP dan SMA bahkan ketika hendak masuk perguruan tinggi. Sementara saya cukup mengandalkan nilai akhir saja, waktu itu namanya NEM (Nilai Ebtanas Murni) . Waktu lulus SD saya mendapatkan SD favorit di Jakarta, namun sayang saya tak sekolah disana karena kami sekeluarga harus pindah rumah ke Tangerang. Dan saya cukup bisa menikmati sekolah swasta dekat rumah tinggal kami. 

Setelah lulus SMP saya kembali mendapatkan nilai standar sesuai syarat masuk sekolah SMU (jaman ini baru berganti dari sebutan SMA) favorit kala itu. Alhamdulilah saya dapat sekolah SMU N 1 se Kabupaten Tangerang. Meski bukan sekolah yang saya inginkan namun saya cukup senang dan menerima bisa sekolah di sana. 

Ya itu dulu pengalaman saya, saya bersyukur bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMA tanpa bimbingan belajar sama sekali. Tapi perbedaan dengan teman-teman saya saat itu begitu sangat kentara. Rerata mereka semua bisa masuk sekolah favorit di SMU Negeri 1 terbantu dengan bimbingan belajar yang mereka ikuti. Jika di nilai dalam perbandingan saat itu saya hanya seorang dari tujuh teman saya yang bisa dapat sekolah favorit tanpa bimbel. 

Bimbingan belajar dari luar sekolah itu penting banget buat anak. Semangat belajar dan memahami jenjang pendidikan yang kompetitif ini dipahami anak sebagai bagian proses belajar anak. Catatan terpenting dari bimbingan belajar dan proses pembelajaran anak adalah kesesuaian dengan berbagai aspek. Aspek ekonomi, kemampuan/ kompetensi anak juga kecenderungan jurusan yang diinginkan oleh anak. 

Bimbingan belajar dari luar sekolah sangat membantu teman-teman saya dalam proses belajar mereka. Modul belajar yang mereka dapatkan di bimbel sangat relevan dengan materi ajar di sekolah. Sehingga teman-teman saya itu lebih siap dalam proses jalur tes untuk bisa bersekolah di sekolah favorit mereka. Tetapi sebenarnya tidak semua bimbingan belajar juga tepat untuk anak. Untuk itu mencari lembaga bimbingan belajar anak yang tepat dan sesuai dengan berbagai aspek anak menjadi penting. 

Mengenal Bimbingan Belajar Sinotif 

Sinotif adalah pusat bimbingan belajar yang berkantor pusat di Jl.Danau Sunter Utara B1B no 3 Jakarta Utara, DKI Jakarta. Sinotif memiliki program Bimbel Spesialis Matematika Fisika Kimia untuk siswa SD, SMP dan SMA. Sinotif memiliki cabang di berbagai kota dan daerah. 

Sinotif juga menyelaraskan program bimbel dengan berbagai kurikulum. 

Kurikulum Nasional

K13, MERDEKA

Pemahaman materi harian, PR, latihan, ulangan harian, tengah semester, ulangan umum kenaikan kelas, AKM kelulusan.

Kurikulum Internasional

CAMBRIDGE, IB, HSC dan lainnya

Pemahaman materi, PR hingga ujian kenaikan kelas, serta test khusus internasional: Checkpoint, IGCSE, O Level, A Level, As Level, HL/SL Diploma.

Kurikulum Nasional Plus

K13, Merdeka Plus

Materi kurikulum Nasional dan berbahasa Inggris, untuk pemahaman setiap bab, PR, latihan hingga test semester dan kenaikan kelas.

Bimbel Sinotif juga menerapkan metode belajar yang sangat efektif dan mumpuni dan membuktikan keberhasilan yang tinggi membantu proses belajar anak. 

Metode Belajar Mengajar yang sudah terbukti berhasil adalah :

SPECIALIZED

Belajar langsung dari ahlinya. Para guru di Sinotif adalah spesialis di bidangnya dan telah melalui pelatihan serta bersertifikasi khusus.

SYSTEMIZED

Belajar eksakta tanpa ribet. Konsep belajar tersistem yang memenuhi gaya belajar linier maupun global.

PERSONALIZED

Fokus bantu raih target belajar. Pendekatan personal sesuai kebutuhan dan target yang ingin dicapai siswa.

LIMITLESS

Layanan 24 jam nonstop. Siswa bisa bertanya soal 24jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal dan mengulang pelajaran di situs seratusinstitute.com. 

Sinotif Learning Method sudah terbukti berhasil meningkatkan nilai siswa, dengan pengalaman Sinotif dan continuous improvement lebih dari 20 tahun membuat berbagai siswa mampu meraih tujuan pendidikan mereka. 


Demikian,

Salam. 







You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!