Mata Bisa Kering Juga Ternyata dan Ini Solusinya

Januari 16, 2024

Aktivitas kerja didepan komputer dapat membuat mata kering. 


Aktivitas yang mendukung semua tubuh kita tidak mungkin bisa dilakukan tanpa peran besar dari mata. Mata dalam tubuh kita memiliki fungsi paling penting dalam mengendalikan sensor gerak tubuh untuk memicu semua arah gerak setiap bagian tubuh yang lain. Mata memiliki sensor yang memerintahkan syaraf motorik melakukan gerakan dari otak. Tanpa sensor visual dari mata gerakan tubuh akan sangat terganggu. Bisa kita lihat sendiri bagaimana seorang tunanetra memiliki hambatan dalam melakukan aktivitasnya. Maka bersyukurlah kita yang masih memiliki penglihatan ini sebagai anugerah yang disertakan Tuhan untuk mempermudah kita beraktivitas. 

Tetapi kita juga sering abai dalam merawat bagian organ tubuh kita yang bernama mata ini. Bahwa organ mata yang kita miliki juga menyertakan kerentanan untuk kita jaga agar selalu bisa berfungsi dengan baik. Cara kerja mata akan begitu ajaib dan sangat membuat kita terperangah ketika memasuki bagaimana mata bekerja untuk bisa mendapat data visual yang dikirim ke otak kita. Untuk itu kita perlu mengetahui dan memahami bagaimana kita bisa merawat mata dengan cara yang paling sederhana. Mengetahui bahwa mata bisa mengalami kekeringan bisa berakibat pada gangguan fungsi mata tidak dapat bekerja secara maksimal. Dan ini yang paling sering terjadi pada mata. 

Mata merah bisa jadi gejala iritasi dan mata kering 


Mata Kering 

Mata kering adalah kondisi ketika permukaan kornea dan konjungtiva mengalami kekeringan akibat air mata tidak dapat melumasi mata dengan baik. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan dry eye syndrome 

Air mata adalah gabungan dari air, minyak, lendir, hingga antibodi dan protein yang dapat mencegah adanya infeksi atau gangguan pada mata. Komponen ini akan dihasilkan oleh kelenjar yang berada di dekat mata. 

Namun saat terdapat gangguan, jumlah air mata dapat berkurang atau menguap lebih cepat sehingga menyebabkan mata kering. Penyakit mata ini cukup umum terjadi, tetapi jangan khawatir kamu bisa menjaga kesehatan mata agar terhindar dari mata kering.


Penyebab Mata Kering

Kelenjar yang terletak di atas mata dapat memproduksi air mata untuk membasahi mata. Mata bisa menjadi kering ketika kelenjar tersebut tidak berfungsi secara normal. Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan air mata tidak dapat membasahi mata, seperti:

  • Kelenjar mata tidak memproduksi jumlah air mata yang cukup.
  • Air mata lebih cepat kering.
  • Mata kering juga bisa disebabkan oleh berbagai penyakit yang mengganggu komponen lemak air mata. Misalnya seperti blefaritis menahun dan distikiasis. Kemudian gangguan kelenjar air mata, seperti sindrom Sjogren, alacrimia kongenital, obat-obat diuretik, atropin, dan faktor usia yang tua juga bisa menyebabkan sindrom mata kering.


Faktor Risiko Mata Kering

Terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya mata kering. Contohnya:

  • Kekurangan vitamin A.
  • Memakai lensa kontak.
  • Berusia di atas 50 tahun, produksi air mata akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia.
  • Perubahan pada hormon, umumnya terjadi pada wanita karena penggunaan pil KB, hamil, atau menopause.
  • Penyakit sistemik.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
  • Efek samping operasi refraktif mata.
  • Kondisi lingkungan (AC, polusi, atau udara panas).


Pencegahan Mata Kering

Terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya mata kering, antara lain:

  • Menggunakan kaca mata pelindung disaat cuaca berangin.
  • Hindari asap ataupun polusi udara.
  • Istirahatkan mata.
  • Teteskan air mata buatan.
  • Menggunakan pelembab udara untuk menghindari udara kering.
  • Hindari merokok.
  • Memenuhi kebutuhan cairan yang cukup untuk tubuh.
  • Penuhi kebutuhan tidur. 


Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Air mata yang kering bisa diatasi dengan air mata buatan seperti Insto Dry Eyes ini. #InstoDryEyes mengandung bahan aktif sebagai air mata buatan. Digunakan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan pada mata, meringankan iritasi mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata dan juga digunakan sebagai pelumas pada mata palsu. Insto Dry Eyes sangat membantu untuk mengatasi #SolusiMataKering. Mudah dibawa kemanapun dan digunakan kapanpun saat mata kering terjadi. 

Demikian, 

Salam. 



Sumber artikel : Halodoc 

Disclaimer : Artikel ini tidak dijadikan sebagai rujukan kesehatan. Jika ingin lebih mengetahui langsung silakan hubungi profesional yang lebih memahami konteks yang dibahas dalam artikel ini. 



You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!