Asiknya Kartinian di BNI Xpora Smesco

April 26, 2022

Saya sebelum acara dimulai, berfoto dulu di venue Xpora BNI 


Beberapa waktu lalu saya mengikuti acara memperingati Hari Kartini di Smesco Galleri Indonesia. Bloggerpreneur Meet up 2022 Kartini Milenial Go Expor. Sampai hari ini saat saya menuliskan pengalaman ini tuh masih terasa istimewa banget deh. Secara acaranya sendiri berlangsung secara hybrid. Disiarkan juga secara langsung melalui Channel YouTube Rumah BUMN BNI dan kami para blogger yang datang hadir di venue BNI Xpora Smesco.

Saat mendapat undangan tidak ada ekspektasi apapun sebagai blogger. Namun saat tiba di Venue tentu saja saya pribadi merasa spesial banget karena sudah bisa berada di acara ini. Saya yakin teman-teman blogger yang lain pun demikian. Acara ini pun sepertinya digagas pula secara spesial. Sebab masih di situasi pandemi yang juga belum ada tanda akan berakhir menjadi endemi. Acara offline sudah bisa dilakukan dengan dukungan juga disiarkan secara online. Secara adanya bloggerpreneur Meet up ini seperti menandakan event offline akan bangkit lagi. Keren deh coba aja nonton di youtube Rumah BUMN BNI. 

Desainer Wisni Indarto Saung Batik Wdrupadi dan Aling Nur Naluri Founder Salam Rancage Bogor 


Jadi acara dengan model hybrid ini memiliki kesan yang luarbiasa buat saya. Tentu kedatangan kami para blogger di venue menjadi sebuah bentuk gambaran yang bisa audien online rasakan euphoria kemeriahan acara ini. Dengan konsep dress code ethnik kami semua menggunakan pakaian bermotif ethnik dengan cara kami masing-masing. Sehingga suasana tersebut menjadi kental dengan warna dan motif keindonesiaan. Saya yang datang dengan berbaju surjan tanpa belangkon bersanding dengan jeans dan sepatu ket merasa tak kalah ethnik dengan busana yang dipakai teman-teman blogger.

Acara ini merupakan agenda Xpora BNI yang merupakan bentuk dukungan terhadap produksi UMKM lokal Indonesia untuk bisa mendorong hingga ke pasar global. Terlebih moment Kartini juga bisa menjadi penyemangat dan titik balik bagi women entrepreneur yang gigih berjuang mewujudkan impiannya. Dengan bangga yang selalu membuncah di hati tatkala dua narasumber perempuan hadir dengan wujud UMKM dan kelokalan yang sangat patut di apresiasi. Aling Nur Naluri sebagai Founder Salam Rancage dari sudut kota Bogor ini berbagi tentang kiprahnya di gang kodir. Juga Perancang busana Saung Batik Wdrupadi yang membawakan Kutubaru's Series.

Opening dengan lagu Kartini Violin instrumentalia


Salam Rancage Bogor menjadi bukti Kartini Milenial berjuang tak kalah hebat seperti Kartini memperjuangkan kerajinan ukir Jepara ke mancanegara. Salam Rancage berjuang dengan kreatif ubah daur ulang menjadi produk ekspor nusantara. Mendengar Aling bercerita bagaimana para ibu berjuang dilingkunganya mampu bersama berkreativitas membuat hasil karya daur ulang kertas yang sangat bagus membuat saya semakin terenyuh. Bahwa inilah Kartini masakini yang sesungguhnya. Bersama Aling para ibu-ibu mengubah tempat sampah menjadi taman. Karena sampahnya dikelola secara mandiri untuk kebutuhan lingkungan mereka sendiri. Mereka mampu memilah sampah sendiri untuk dijadikan barang yang berkualitas ekspor. Lingkungan mereka tata dengan rajin menanam dilahan sisa halaman rumah dan gang kecil. Hingga berhasil panen dan kemudian menjualnya dengan menciptakan pasar sendiri.

Berbeda dengan Aling, Saung Batik Wdrupadi terus berkarya dengan membuat kebaya khas Indonesia Kutubaru's Series. Dan saya bangga menyaksikan lenggak lenggok peragawati memakai Kutubaru Saung Batik Wdrupadi. Bahan dan warna yang Indonesia banget dari desain Wdrupadi itu melentingkan satu pikiran budaya yang akan disandingkan dengan Indonesia. Seperti pelafalan KPop pada budaya Korea. Lalu mengapa Indonesia belum memiliki istilah sendiri untuk menunjukan Identitas budayanya? Kalaupun ada apa istilah nya?

Mencari peluang di SMEshub hehehe


Ah sebuah pikiran yang random saja begitu pikiran saya. Dan tak kalah penting pembicara berikutnya adalah Xpora BNI yang di wakili oleh Genio Putra Hadianto  dan SMEshub yang diwakili oleh Lutpi Ginanjar. Untuk artikel tentang Expora akan saya tulis pada artikel berikutnya ya. Nah kalau SMEshub ini merupakan suatu platform khusus yang baru saja soft launching di bulan maret lalu. Platform SMEshub nantinya akan menjadi satu-satunya platform yang serba UMKM, Mulai dari pelatihan, konsultasi UMKM life time, hingga mereka tersalurkan menjadi UMKM lokal yang go Expor. Selengkapnya tentang SMEshub nanti akan Grand launching di bulan Agustus 2022. Semoga SMEshub menjadi platform digital UMKM terbaik yang muncul dari karya anak bangsa terbaik negeri ini. 

Senang rasanya bisa berada dalam acara ini. Semoga acara ini akan selalu menjadi titik poin setiap langkah para UMKM hingga mereka mampu bersaing di kancah global. Terimakasih atas kesediaannya mengundang kami para blogger @ayo.naik.kelas, Bank BNI, SMEshub dan Smesco. 
Perwakilan BNI Xpora Jakarta Genio Putra Hadianto dan CEO SMEshub Lutpi Ginanjar. 






You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!