Kumandang Lagu Indonesia Raya Menutup Balapan WSBK di Mandalika

November 24, 2021

Mandalika
Pembalap berfoto bersama di WSBK Mandalika

Siapapun dijamin akan merinding saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dengan syahdu bersamaan dengan berakhirnya ajang balap motor Internasional Word Superbike (WSBK) di Mandala International Street Circuit, Minggu (21/11) lalu.

Meskipun pembalap nasional tidak masuk dalam jajaran juara di ajang ini, tapi sebagai rakyat Indonesia, kita tentunya harus merasa bangga, karena sirkuit Mandalika kebanggaan kita telah  menjadi saksi lahirnya sang juara baru di perhelatan dunia ini,  Toprak Razgatlioglu. 

Apalagi pembalap asal Turki ini juga memuji Sirkuit Mandalika yang menurutnya bisa membuat dirinya cepat beradaptasi dan nyaman hingga akhirnya mampu mengalahkan juara WSBK berturut-turut, Jonathan Rea. 

"Saya bisa sangat cepat beradaptasi meskipun ada tantangan yang tak mudah. Tapi  mengingat trek ini masih baru bagi seluruh pembalap, jadi menjadi tantangan baru buat para pembalap, " kata rider Pata Yamaha With Brixx yang dikenal aktif mengunggah kegiatannya selama di Mandalika lewat akun IG pribadinya. 

Pujian terhadap trek Sirkuit Mandalika juga datang dari pembalap WSBK lainnya seperti Jonahan Rea, Michael van Der Mark, Alvaro Bautista dan Tom Sykes yang merasa nyaman mengaspal di Sirkuit Mandalika bahkan meski ada race yang harus dibatalkan karena cuaca yang buruk. Tapi bagi  mereka itu bukan masalah yang penting karena mengaku sangat menikmatinya. 

Mandalika Yang Bikin Bangga

Dibalik kesuksesan menggelar ajang WSBK yang ditonton langsung 1,6 miliar warga dunia, sebagai rakyat Indonesia, kita harus merasa bangga karena kita memiliki sirkuit yang dikagumi pembalap kelas dunia. Selain itu, keramahan warga Mandalika juga mencuri perhatian wisatawan yang datang ke Lombok untuk menyaksikan WSBK. 

Hal itu dapat dilihat dari banyaknya postingan yang meramaikan lini masa tentang WSBK dan Mandalika. Bahkan, pembalap dunia yang berlaga di ajang itu juga sering  mengunggah di akun media sosial mereka tentang betapa mereka sangat menikmati suasana Mandalika yang eksotis dan keramahan warganya. 

Atas suksesnya WSBK, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih atas  kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Provinsi NTB untuk menjadi tuan rumah WSBK 2021 menyusul Moto GP pada Maret  2022 mendatang. Diakui Zulkieflimansyah, memang tidak mudah  menjadi tuan rumah WSBK di Sirkuit Mandalika dalam suasana pandemi. Tapi berkat dukungan banyak pihak, akhirnya acara tersebut dapat berlangsung dengan baik dan lancar. 

Ajang balapan internasional ini juga berdampak pada pertumbuhan perekomian di NTB. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ikut mendorong penguatan ekonomi bersama di destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat  (NTB) untuk warga setempat. 

Sebagaimana yang dinyatakan oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkoinfo, Septriana Tangkari bahwa destinasi pariwisata Mandalika yang telah ditetapkan menjadi program strategis nasional ini tidak hanya dapat menjadi daya tarik wisatawan, namun bisa menumbuhkan ekonomi kreatif yang bisa dinikmati warga setempat. Adapun keterlibatan Kemenkominfo tentu sesuai dengan kewenangannya agar ekonomi lokal ikut tumbuh yakni membangun jaringan infrastruktur teknologi informasi dan Komunikasi (TIK).

Mari kita terus menguarkan semangat mencintai negeri dengan menjaga apa yang sudah diberikan Tuhan dan dibangun oleh negara.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!