Langsung ke konten utama

Germas untuk Mudik Sehat

Germas, apa itu germas? Germas adalah suatu program yang telah di canangkan oleh Kementerian Kesehatan sejak 2016 lalu. Ulasan mengenai Germas pernah saya tulis sebelum ini. Namun sedikitnya saya akan jelaskan. Bahwa Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah sebuah upaya pemerintah melalui Kemenkes RI untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Sebab kesehatan adalah modal dasar keberlangsungan negara. Jika rakyat sehat tentu keberlangsungan berbangsa dan bernegara akan berumur panjang. Maka kampanye dan upaya penyuluhan kesehatan di lakukan oleh jajaran kemenkes yang tentu juga melibatkan semua unsur pemerintahan.


Nah, Jum’at 2 Juni 2017 lalu, saya berkesempatan mengikuti kegiatan Ngobrol Bareng Blogger di RPTRA Kalijodo. Yang bertepatan dengan suasana bulan puasa Ramadhan tahun ini, maka kegiatan kali ini tidak sekedar berdiskusi namun juga dilaksanakan berbagi takjil kepada pegunjung dan warga sekitar RPTRA Kalijodo. Bulan Ramadhan memang bulan penuh berkah, saat-saat yang penuh perbuatan kebaikan. RPTRA Kalijodo juga mungkin dipilih sebagai tempat acara karena suasana dan tempat yang nyaman untuk bersantai menikmati sore dan melihat sisi lain dari kemacetan jalan-jalan di Jakarta yang sudah kronis.


Sebagai orang yang pernah lahir di Jakarta, pada masa kecil saya hampir tak pernah mengunjungi taman yang tersedia aneka fasilaitas atraksi yang di senangi warganya. Namun mengunjungi Kalijodo seolah saya membuka sisi gelap asumsi kota besar tak punya taman bermain dalam kepala saya. Kehadiran RPTRA Kalijodo semacam oase bagi kehausan warganya akan tempat yang santai berdekatan dengan satu sama lain mengisi hari di suasana waktu yang lambat. Tidak seperti saat berada di atas kendaraan yang melaju tersendat ditengah kepulan asap knalpot. Taman bisa menjadi tempat pilihan terbaik sejenak menghindari deru bising perjalanan pulang kerja di sore hari. Ruang terbuka hijau dan media terbuka bagi kreatifitas warga.




Beberapa gelar karpet cukup menampung kami para blogger berlesehan bersama sambil berdiskusi. Bersama dr. H.R. Deddy Kuswenda.M.Kes (Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat), Dinkes DKI Jakarta dan drg.Kartini Rustandi M.Kes (Direktur kesehatan Kerja dan Olahraga)  kami berbincang santai sambil sesekali metwit secara langsung paparan dan tanya jawab yang akrab dan ceria. Pembahasan secara substan kesehatan juga terkuak bahwa semua itu bermula dari kesadaran individu untuk proaktif menjaga tubuh untuk tetap sehat. Nah kemudian muncul lesadaran kolektif setelahnya. Dititik inilah peran Blogger di harapkan mampu menjalankan perannya. Menjadi penyampai melalui blog dan sosmed mengingatkan dan menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan. Terlebih di saat moment peristiwa mudik yang akan tiba.

Bulan puasa di Indonesia memang berbeda dengan negara-negara lain didunia. Mudik menjadi peristiwa migran terbesar setiap tahunnya. Dan tentu peristiwa yang lumrah terjadi ini merupakan hal yang tak dapat di hindari. Namun setidaknya perbaikan-perbaikan pelayanan kesehatan dari tahun menjadi perhatian khusus bagi Kemenkes.


Kemenkes menyampaikan beberapa hal yang setidaknya patut di perhatikan dalam perjalanan bagi pemudik. Diantaranya seperti berikut :
  1. Ketersediaan posko-posko kesahatan yang memadai di titik-titik tertentu seperti di terminal bayangan. Kerawanan yang sering terjadi tindak kriminal. Juga perilaku kurang disiplin supir-supir pengangkut mudik.
  2. Sosialisasi hal yang perlu di lakukan oleh pemudik melalui media sosial dan proaktif mengingatkan langsung kepada pemudik yang terdekat dengan kita. Seperti beristirahat setelah 4 jam berkendara. Tersedianya cukup makanan saat perjalanan mudik. Dan terlebih tersedianya kebutuhan bagi bayi atau anak kecil yang turut serta dalam perjalanan mudik.
  3. Sinergi lintas sektor seperti dengan Kepolisian pengamanan mudik lebaran, Dishub dan lain sebaganya.
Dukungan seluruh sektor lintas struktural pemerintah dan swasta untuk saling proaktif bertugas dilapangan saat mudik tahun 2017 ini di harapkan terjadi solidas yang baik. Hingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti peristiwa exit tol Brebes Timur (brexit) tahun lalu.
Demikian

Selamat mudik sehat, dan berlebaran sehat ya gaes.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Seperti Apakah Kaca Film Terbaik Untuk Mobil ?

Memiliki kendaraan tentu belum lengkap rasanya ketika belum memiliki aksesori sebagai penunjang performa kendaraan agar sejiwa dengan pemiliknya. Seperti halnya pada kaca film yang ingin di pasang pada kaca mobil. Pandangan yang nyaman pada mata kita tentu memiliki batasan saat menyetir kendaraan maupun mata penumpang saat melihat keluar. Nah jendela yang nyaman dan baik seperti apa? Agar kenyamanan saat berkendara dapat kita rasakan.

Tentu sebagian pemilik kendaraan sudah mafhum dengan kaca film. Namun seringkali terkendala dengan pengetahuan seperti apa kaca film yang baik dan bagus untuk kendaraanya. Untuk itu saya ingin membagi pengalaman saya saat mengikuti satu rangkaian acara yang di selenggarakan oleh mobil123.com bersama Vkool Indonesia. Pada hari Rabu 26 Juli 2017, bertempat di V-KOOL Flagship Outlet Jl. Trembesi The Central 88 no.817 Kemayoran, Jakarta Utara. Bersama ibu Monita Cherline selaku Promotion dan Adv. Manager V-KOOL.

Mobil123.com portal otomotif no.1 memang raj…