#BUMNMengajar Bersama Bapak Hari Setianto di SMA Negeri 1 Purbalingga

Maret 11, 2017

BUMN Mengajar di purbalingga, bersama Bapak Hari Setianto
Adik-adik ekskul Tari tampil pertama mulai dari penyambutan hingga tarian pembukaan 

Perjalanan hidup

Perjalanan hidup seseorang tiadalah dapat terduga oleh siapapun bahkan diri sendiri. Kalimat ini tidak terlontar begitu saja saat saya mengetik. Tiada yang mengira jika kesempatan perjalanan ini saya dapatkan.  Tepat pukul 19.00 whatsapp yang kubuka memberi kejutan. Ya sebuah ajakan untuk berangkat esok hari menuju Purbalingga. Hanya sesaat untuk berfikir ikut atau tidak namun hati mengatakan yes, saya ikut. Tanpa berfikir ngapain kesana dan mau apa. Ternyata suatu hil yang tak terduga, ternyata dalam rangka program BUMNMengajar. Yaitu suatu program pemerintah yang mewajibkan para Pejabat selevel Direktur di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kelas Mengajar kepada rakyat sebagai bagian dari pembentukan karakter siswa-siswa sekolah. Nah ternyata saya berkesempatan untuk mengintili Bapak Hari Setianto, yang saat ini menjabat  Direktur Investasi dan Keuangan (Dirinku) di PT ASABRI (PERSERO)untuk melaksanakan program BUMNMengajar tersebut.

Bapak Hari Setianto adalah seorang pejabat yang tidak “Jadi” begitu saja. Beliau juga mengalami proses perjalanan hidup yang cukup panjang hingga mencapai kehidupannya saat ini. Hal ini tentu memiliki nilai-nilai kehidupan yang harus di bagi kepada adik-adik siswa sekolah yang saat ini sedang menempuh pendidikan nya, hal yang sama yang pernah di lakukan oleh Pak Hari ketika sekolah dulu. Kehadiran sosok seperti Pak Hari tentu akan memberi arti penting bagi siswa-siswa sekolah. Jenjang pendidikan beliau pun sungguh panjang. Bahkan hingga 10 gelar selama mengikuti pendidikan baik di dalam maupun di Luar negeri tersemat dibelakang nama beliau. Hari Setianto M Soc, SC, QIA, CIA, CCSA, CFSA, CISA, CGAP, CFE, CRMA nah begitulah sederet gelar yang menempel di belakang namanya.

BUMN Mengajar di Purbalingga bersama Bapak Hari Setianto
Adik-adik siswa SMAN 1 Purbalingga ber-swafoto bersama "kakak kelasnya" Bapak Hari Setianto

Bagaimana bisa memiliki gelar sebanyak itu, itulah pertanyaan saya dalam hati kala melihat dan mendengar langsung saat dibacakan oleh pembawa acara BUMNMengajar. Gelar yang tidak mungkin di raih tanpa perjuangan yang hingga membawa sosok Pak Hari Setianto berada di posisi saat ini. Mungkin pertanyaan yang sama juga terbesit di benak adik-adik siswa sekolah SMAN 1 Purbalingga. Ah ini memang hari istimewa buat SMAN 1 Purbalingga mendapat kesempatan bertemu langsung dengan seseorang yang mungkin seperti mimpi-mimpi mereka. Oya ini juga hari sabtu 4 Maret 2017 ya, eh sampai lupa nulis diatas hehe.

Berbagi inspirasi dan memotivasi


Kementerian BUMN mewajibkan pejabat eselon 1 untuk turun kebawah untuk berbagi inspirasi, memotivasi siswa-siswa SMU agar berkontribusi nyata kepada masyarakat. Bapak Hari Setianto memilih SMA Negeri 1 Purbalingga untuk menjalankan program BUMN bukan tanpa alasan. Alasan pertama mungkin karena beliau juga merupakan lulusan atau alumni SMA Negeri 1 Purbalingga. Sehingga pilihan mengajar nya memiliki kekuatan emosi yang kuat terhadap adik-adik siswa yang bersekolah disini. Yang kedua PT ASABRI yang di pimpinnya melalui Divisi PKBL juga memberi bantuan CSR nya ke Sekolah ini juga. Nah pada kesempatan kali ini juga telah di berikan bantuan kepada SMA Negeri 1 Purbalingga pembangunan 2 unit kelas belajar senilai Rp 287 juta. Yang ketiga Pak Hari Setianto memang orang asli yang berasal dari Purbalingga. Beruntungnya saya Soal Purbalingga pernak-pernik yang ada di Purbalingga beliau perkenalkan dengan baik. Seperti soal kulinernya, khas penghasil daerahnya dan tempat-tempat wisata yang keren keceh yang dipunyai Purbalingga.

Penyerahan Bantuan Bina Lingkungan PT ASABRI (Persero) Berupa dua Unit Kelas Belajar senilai Rp 287 juta Kepada Sekolah SMAN 1 Purbalingga

Masih selalu teringat saat pertama kali tiba di kediaman beliau. Keramahan yang wibawa mempersilahkan masuk dan menawari makanan yang terhidang. Ciri seorang yang memiliki jiwa pemimpin yang among, gesit  dan cekatan. Istilah ABRI nya taktis kali yaaa.haha. Beliau pun tak membuat orang di sekelilingnya menjadi sungkan. Terlebih kepada saya yang orangnya ‘terkadang’ pecicilan hihihhi. Sambil mempersilahkan dan membuat saya berselera untuk menyantap Sroto Sokaraja disanding Tempe Mendoan khas Purbalingga. Aih sedaapp sekali sambil berbincang dan bercerita tanpa canggung dalam satu meja. Begitulah sejatinya setiap manusia selalu menyanding tanpa menanding, berdiri tidak meninggi falsafah hidup yang menyublim dalam sikap dan tindak seseorang.

PT ASABRI (Persero)

Soal PT ASABRI, PT ASABRI (Persero) adalah kependekan dari Asuransi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia BUMN tempat menjabat Bapak Hari Setianto menangani asuransi sosial dan pembayaran pensiun bagi anggota TNI, POLRI dan pegawai negeri sipil Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan POLRI. Nah PT ASABRI inilah yang mengurus jaminan-jaminan yang di berikan negara kepada mereka yang saya sebut diatas. Mulai dari jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, hingga jaminan kematian. Semua tugas negara yang di jalankan oleh anggota TNI, POLRI dan PNS Kementan dan POLRI sudah terjamin kesejahteraannya sehingga dapat ketenangan selama menjalankan tugas.

Ada satu divisi yang turut serta dalam rombongan PT ASABRI di program BUMNMengajar ini. Yaitu Divisi Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) yang dikepalai oleh Bapak Zulkarnaen. Divisi inilah yang menangani bantuan kepada SMA Negeri 1 Purbalingga. Di sela-sela waktu kami berbincang dan mengumbar senyum hangat berbagi cerita. Bapak Zulkarnaen juga ternyata seorang seniman /aktor juga lho. Beliau bercerita pernah menjadi seorang pemain wayang orang di Jakarta dan sampai saat masih aktif mengikuti pertunjukan wayang orang di Jakarta.

Ini tiga orang teman-teman saya yang turut serta "mengintili" Bapak Hari Setianto di Purbalingga. psst ini candid lho hehe

Dan tak kalah seru dan ramainya kami-kami ini 4 orang Blogger dan Vlogger yang bekerja dalam sunyi karena sibuk memotret, menge-twit selama perjalanan ini. Sejak dari berangkat hingga pulang. Baiklah saya perkenalkan juga disini.

Pertama adalah yang paling senior diantara kami siapa dia, dialah Mbak Terry Endropoetro pemilik blog Negeri Kita Sendiri. Dengan gayanya yang eksentrik dan murah senyum serta ramah juga baik hatinya. Suwerrr

Kedua Leonita Julian pemilik blog Leoni Secret, orangnya kecil imut dan memiliki wajah yang mirip-mirip dengan artis lawas Ita Purnamasari. Hahaha ya sudahlah.eh Leoni juga seorang penulis novel llho.Keceh kan.

Ketiga Dede Arianto seorang Vlogger dan Blogger yang tidak asing lagi. Berlogat jawa medok dan unik saat berbicara yang ada bunyi “RL” nya. Namun begitu Vlog yang di publishnya selalu dapat meraih viewer luar biasa banyak lho.

Dan terakhir saya sendiri, ibarat masakan saya adalah garam yang melengkapi perjalanan kami jadi berkesan, eh....siapa yang bilang yaaa (gak ada kan) wkwwk.

Sudahlah ya candanya, padahal kan dari atas tulisannya serius sangat yekaaann. Nah begitulah saya. Kesan awal akan seperti orang yang garang. Dan seringkali wajah tanpa ekspresi, dan saat berbicara gobrol ngalor ngidul gak akan ketemu ujungnya.

Namun ada beberapa yang saya catat dan bawa pulang ke ruang paling hening dalam jiwa saya selama perjalanan ini.
  1. Tetaplah di jalur mimpi
  2. Berusahalah dan terus berusaha tanpa takut gagal
  3. Jika kesulitan datang, justru disitulah letak kemudahan menghadapi soal hidup
  4. Jadilah Otentik alias asli diri sendiri dan Kreatif menjalani hidup
  5. Boleh mengawang namun tetap sadar memijak bumi
  6. Beriringan lah dengan orang-orang dekat disekitarmu yang membuat mu selalu mendapat kritik dengan senang hati dan gembira
  7. Tetaplah tegar, tegas dan teguh dengan prinsip dan keyakinan
  8. Berbangga kalau  saya tinggal di Indonesia negeri ku sendiri
  9. Selalu tunduk berdoa di jiwa heningmu selama meraih mimpi

Mbak Terryyyy, ini aku gak ngarang lhoooo hahahaaaa

Demikian


Salam.

Tonton juga Videonya yaa ada cerita menarik disini


BUMN Mengajar Bersama Bapak Hari Setianto di Purbalingga
Bapak Hari Setianto sedang mengajar di kelas BUMN Mengajar bersama siswa SMAN 1 Purbalingga 

BUMN Mengajar Bersama Bapak Hari Setianto di Purbalingga
Salah satu siswa yang mencoba menjawab kuisioner yang berhasil membuat suasana menjadi segarrr

BUMN Mengajar Bersama Bapak Hari Setianto di Purbalingga
Rizky Widya - Dalang Muda dalam lakon wayang Gratilan yang menarik dan enak di tonton menghibur peserta BUMN Mengajar. 

BUMN Mengajar bersama Bapak Hari Setianto di Purbalingga
Kalo ini berswafoto bersama para artis Kawe yang juga keceh performanya tidak kalah sama aslinya, Soimah, Candil dan Judika, Yang tak kalah kece lainnya Para Guru dan Siswa SMAN 1 Purbalingga, Sampai bertemu kembali di lain waktu yaaa..... :) Purbalingga Ngangeni 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!