Langsung ke konten utama

Membeli Mobil Bekas Sebagai Solusi Kebutuhan Kendaraan


Alat transportasi sejatinya adalah alat yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan perjalanannya. Maka teknologi untuk membuat kendaraan sebagai alat transportasi selalu terus berkembang. Hingga terciptanya kendaraan berjenis roda empat, mobil. Dan terus menerus mobil berkembang dari mulai teknologi mesinnya, designnya, fungsi khususnya, bahkan juga sebagai alat penopang strata sosialnya. Bermunculan juga produsen-produsen mobil sehingga menjadi industri demi menjawab kebutuhan pasar. Dari satu jenis mobil berkembang hingga beberapa varian disebabkan pasar memiliki segment sendiri-sendiri. Ditengah pasar global yang besar, menjadikan pasar itu sendiri memetakan penjualan mobil bekas. 

Kebutuhan orang berkendara semakin meningkat dari tahun ketahun. Apalagi berkendara dengan mobil. Setiap orang bebas menentukan pilihannya mobil baru atau mobil bekas untuk dimilikinya. Jika berbicara beli mobil baru tentu segala spesifikasi pembiayaan dan harga sudah jelas regulasinya. Nah pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan bagaimana membeli jika mobil bekas dan resiko apa yang harus dipelajari (risiko disini bukan asuransi lho ya hee) sebelum membeli mobil bekas. 

kiri-kanan: Joe Dische - Hendrik Wiradjaja - Halomoan Fischer - Hammish Stone

Pada Jum’at, 31 Maret 2017 lalu, saya berkesempatan mengikuti Blogger Gathering yang di selenggarakan oleh Mobil123.com. Sudah beberapa kali saya mengikuti kegiatan bersama Mobil123.com Portal Otomotif No.1 ini. Tema yang di bincangkan selalu menarik perhatian saya. Bertempat di The Hook Cafe Jakarta Selatan, dua narasumber yang uptodate pun di hadirkan. Pembicara pertama Bapak Halomoan Fischer, COO Mobil 88 dan pembicara kedua Bapak Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia. Juga hadir dari iCar Asia Bapak Hamish Stone, Chief Executive Officer iCar Asia dan Bapak Joe Discher, Chief Finance Officer iCar Asia. Maaf gak pake Mister. Dan yang selalu wibawa juga dekat dengan blogger adalah Bapak Indra Prabowo (Managing Editor Mobil123 dan Oto Spirit) yang memoderasi bincang-bincang hari itu. 

Mengawali abstraksi moderator Bapak Indra Prabowo mengatakan bahwa pasar mobil bekas selalu meningkat dari tahun ketahunnya. Membincangkan mobil bekas serasa tidak ada habisnya. Peminatnya masih sangat tinggi, untuk itu perbincangan ini akan sangat banyak manfaatnya untuk memberi edukasi calon pembeli mobil bekas. Di ASEAN menurut beliau, Indonesia termasuk pasar terbesar untuk mobil bekas.
Nah sangat tepatlah dengan pembicara pertama Bapak Halomoan Fischer dari Mobil 88 yang mengungkap alasan orang membeli mobil bekas menimpali abstraksi moderator. Beberapa hal tersebut adalah :

  1.   Harga yang murah, ukuran kantong yang menentukan pilihan ini. Atau juga karena penjualnya adalah teman sendiri sehingga pembeli mau merogoh koceknya.   
  2. Mobil bisa langsung di kendarai, instan memang. Setelah membayar mobil bisa langsung di kendarai sendiri di bawa pulang tidak menunggu proses surat-surat kendaraan.
  3. Tingkat depresiasi yang rendah, kalo ini menurut dealer mobil bekas dan konsumen juga sama menilainya. Sebab setelah setahun pertama mobil baru yang keluar harga relative turun dan akan turun lebih besar di tahun-tahun berikutnya.
Pak Halomoan saat memberikan presentase

Lanjut Bapak Halomoan Fischer, membeli mobil bekas selain keuntungan diatas juga harus dipahami risiko buruk yang akan di alami jika tak tahu betul hal-hal berikut ini:
  1.  Kerugian Material, jika pembeli tak mengecek secara menyeluruh kondisi mobil bekas yang hendak di beli. Seperti pernah kecelakaan atau tidak, terkena bencana seperti terendam banjir atau tidak. Hal-hal yang pernah terjadi dengan mobil tersebut arus diketahui lebih dahulu agar tak rugi material.   
  2.  Mobil disita, hal ini bisa saja terjadi ketika mobil bekas yang dibeli ternyata terkait kasus penggelapan, atau bahkan terkait kriminal yang sedang menjadi incaran pihak kepolisian. 
  3.  Ancaman Keselamatan, jika penjual secara terbuka mengenai kondisi mesin dan lain-lainnya, kemungkinan pembeli dapat mengantisipasi mobil yang di beli dengan mengganti beberapa sparepart yang dapat membahayakan dirinya saat dikendarai. Namun jika tidak tentu bahaya mengintai sipembeli dan sangat merugikan.
  4. Tidak bisa Bea Balik Nama, disini history mobil harus diketahui secara persis, sebab untuk mengurus Bea Balik Nama akan terkendala sangat serius. Ini akan mengakibatkan tersangkut masalah hukum.
  5.  Ancaman Pidana 6 Tahun, nah kalau ini ada pasal KUHP nya, pasal 263 dan pasal 264 pasal yang menguatkan untuk dilakukan tindakan terkait pemalsuan dokumen. Nah lebih teliti lagi ya soal surat-surat ini. Bahaya lho ancamannya 6 tahun ckcck.
Ada tips-tips yang perlu dipelajari dalam membeli mobil bekas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
  1.  Cek dahulu kondisi interior, wangikah atau beraroma tak sedap yang mengganggu, dari kondisi ini kita dapat memahami bagaimana pengguna sebelumnya memperlakukan mobil tersebut. Kondisi jok mobil, banyak kah paparan noda dan goresan.
  2. Kondisi mesin juga mesti di ketahui, minimal mengecek asap yang keluar dari knalpot. Namun ini bukan jaminan mesin dalam kondisi laik. Atau ajak lah montir yang memahami soal ini.
  3. Belilah di dealer terpercaya, yang biasanya mereka melakukan beberapa check point mobil bekas nya sebelum di jual.
Tidak kalah melengkapi penyampaian bapak Hendrik Wijaya yang menjelaskan pentingnya mobil bekas memiliki AutoSAFE car seperti yang dilakukan oleh Hyundai. Sehingga Hyundai selalu menjaga harga pasar mobil Hyundai dengan penawaran-penawaran menarik seperti Buy Back Guarantee, dan penggantian spare part sebelum mobil bekas Hyundai dijual kembali. Hal ini untuk menjaga keoercayaan konsumen yang memang memilih mobil bekas bermerk Hyundai.
Demikian.

Komentar

  1. Mobil bekas benefitnya bisa bagus kalau konsumen paham tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. keberuntungan jadi faktor kedua setelah pengetahuan akan kondisi mobil bekas ya mas.

      Hapus
  2. Ooo demikian yaaa .. jadi begitu... hihi.. Mobil Bekas emang lebih menarik sih bagi gw, kalau tau tips triknya, atau bawa orang yang ngerti, beli mobil bekas jd merasa aman nyaman.

    BalasHapus
  3. Cek fisik ke samsat itu emang wajib hukumnya.

    BalasHapus
  4. lengkap banget nih info dari para nara sumber kemarin ya, jadi makin pede mau beli mobil bekas :)

    BalasHapus
  5. klo dah tau selak beluk mobil bekas, bisa dapat harga murah tapi dengan kondisi yang bagus

    BalasHapus
  6. Infonya berguna banget nih buat yang mau beli mobil bekas tapi nggak ada background dari dunia mesin.

    BalasHapus
  7. Mobil murah belum tentu jelek kualitasnya. Depresiasi yg menyebabkannya murah. Makanya banyak orang milih mobkas di tempat berkelas.

    BalasHapus
  8. Duh ngeri ya kl beli mobil bekas yang bekas dipake utk kejahatan ... Mesti hati2 ya, kaak :-/

    BalasHapus
  9. Nah, sebentar lagi kan menjelang mudik nih, tinggal pilih mas, mau beli yang kayak gimana, heheh

    BalasHapus
  10. wah betul-betul harus detail ya kalau mau memiliki mobil bekas dan juga harus teliti memilihnya agar gak terkena kerugiannya sendiri nanti

    BalasHapus
  11. was pokoknya terimakasih pak....

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Potong Rambut di Kaizen

Sebelum mudik seperti biasa saya rapih-rapihin rambut, soalnya mau ketemu dan sungkeman dengan mertua. Kalau nggak rapi gimana gitu..udah setahun nggak ketemu. Tempat potong rambut langganan di Bonang di komplek tempat tinggal kebetulan lagi tutup, untungnya saya punya tempat potong rambut favorit di mall. Sambil nemanin istri belanja sekalian deh melipir ke KAIZEN buat potong rambut. Soal harga memang beda jauh sih dengan tempat potong rambut di komplek saya, tapi hasil potongnya sama-sama memuaskan.


Awalnya paling nggak suka potong rambut di mall. Sewaktu jalan ke mall bareng istri KAIZEN di mall Sumarecon Serpong baru saja buka. Dan pas banget rambut lagi gondrong, jadi lah istri maksain potong rambut di KAIZEN. Waktu baru buka harganya masih promo kalau nggak salah sekitar 25ribu. Setiap potong rambut selalu ditanyain mau model rambut kayak apa, kalau saya sih selalu bilang 1 senti, si mbaknya udah paham. Soalnya dari awal buka sudah beberapa kali potong rambut di KAIZEN Sumare…