Pahlawan Masa Kini

Agustus 31, 2016


Pekerja Proyek Perumahan
Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.

Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa perjuangan  kala itu juga banyak melibatkan pejuang-pejuang lain yang tidak memanggul senjata, seperti penulis dan penyair Chairil Anwar misalnya yang berjuang dengan menulis.

Maka sesungguhnya jalan untuk menjadi pahlawan itu sangatlah banyak. Hanya saja bentuk sikap dan perbuatan yang membuat orang dianggap dapat disebut sebagai pahlawan haruslah di pahami dasarnya. Apalagi pada masa kini, ketika perubahan zaman begitu cepat melesat seiring waktu. Maka devinisi pahlawan pun bergerak berubah sesuai kondisi zamannya. Beberapa kategori nilai kepahlawanan pun mengikuti pula masanya. Keadaan masa kini mengubah nilai kepahlawanan menjadi sebuah bentuk perilaku baru yang mengikat kebersamaan dalam menjalin kerukunan dan kedamaian. Dan terjaganya tatanan kebersamaan dalam ruang mukiman.

Bentuk bentuk perilaku yang dapat menjaga nilai kebersamaan dan tatanan mukiman kebersamaan tersebut adalah bentuk perilaku kecil yang sangat bernilai besar bagi tatanan mukiman kebersamaan. Jika kita mau merenungi dan mengambil pelajaran dalam keseharian maka ada banyak hal perilaku kepahlawanan yang begitu sangat silent. Mungkin sangat tidak tersadari. Berikut ini beberapa bukti gambar yang saya ambil ketika saya sedang bermain dengan kamera. Gambar gambar ini menjelaskan lebih banyak dari apa yang saya sampaikan dalam tulisan ini. Foto-foto ini sebagian saya dapatkan dikawasan Tangerang.


Penjual Daun Mengayuh Sepeda


Pada masa kini ketika zaman sedemikian cepat melesat megalami perubahan. Maka orang-orang didalamnya juga ikut berubah. Ada yang berhasil searah dangan perubahan itu, ada juga yang tidak. Dalam gambar-gambar foto yang saya tangkap melalui kamera telah membuktikan sesuatu yang sulit terungkap lewat tulisan namun bahasa gambar tersebut mengungkap lebih banyak. Ketimpangan yang terungkap merupakan hal-hal yang melintas kilat yang hanya menjadi berupa lintasan dalam jarak pandang kita. Lalu dimanakah nilai kepahlawanannya ?

Nilai kepahlawanan yang terungkap begitu hening, mereka sesungguhnya berjuang. Namun perjuangan mereka tentu tak seperti perjuangan sebagaimana nilai kepahlawanan yang begitu besar bagi seorang tokoh besar yang telah di nobatkan menjadi pahlawan. Mereka adalah bagian kecil dari rantai kepahlawanan yang sesungguhnya kolektif. Bukan pahlawan tunggal yang ramai di bicarakan bahkan di dongengkan melalui film-film. Mereka sendiri bahkan tak menyadari nilai kepahlawanan yang sedang mereka kerjakan. Bagi saya Pahlawan Masa Kini adalah mereka itu. Orang yang terus mengobarkan semangat juangnya dalam hening. 


Rombongan Kuli Sindang

Tukang Becak di Pasarlama Tangerang

Pedagang Pasar Kaget 

Petani Menanam Singkong
Kuli Sampah

You Might Also Like

2 komentar

  1. Pahlawan masa kini memang tidak bisa di bandingkan dengan masa lalu pada era perjuangan kemerdekaan ,. Tapi good quote yg cukup menginspirasi dari mas ono adalah Orang yang terus mengobarkan semangat juangnya dalam hening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Kaka Anjar sudah berkunjung di -BlogNote- semoga bermanfaat tulisanya:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!