Perpanjang SIM cuma 25 menit di Gerai Samsat Alam Sutera

Februari 17, 2020

Dua SIM saya jadi dengan waktu 25 menit saja.

Masa berlaku SIM gak berasa sudah mau habis. Terus kepala pusing deh mana dulu waktu pertama bikin di Sumatera Utara pula. Sementara saya saat ini sudah tinggal di Tangerang. Mengikuti KTP yang juga KTP daerah, apakah harus ke Sumut dulu untuk mengurus perpanjangan SIM? Sementara masa mudik juga tinggal 3 bulan lagi. Kalau mudik sekalian gapapa sih pulkam ke Medan. Wah bakal menguras kantong lebih banyak inih. Nyutnyutan deh kepala ini. 

Karena keseharian sudah terbiasa browsing akhirnya dapat solusi. Saya gak perlu terbang ke Sumut hanya untuk mengurus SIM. Gak perlu gaess. Hasil browsing ke sana ke mari akhirnya menemukan informasi akurat di twitter dengan tagar #SIMonline cerita dan informasi perpanjangan SIM dengan KTP daerah bisa dilakukan di beberapa gerai Samsat. 

Gerai Samsat Mall Alam Sutera 

Akhirnya saya menemukan tempat mengurus perpanjangan SIM saya di Mal Alam Sutra. Gerai Samsat Online di Mal bisa sekalian jalan-jalan dan cuci mata gaess. Dan yang lebih membuat hati tentram tenang dan damai adalah pelayanannya yang super ramah, cepat dan memuaskan. Kenapa? Begini ceritanya. 

Masa berlaku SIM saya termasuk yang last minute, hanya 3 hari hari lagi SIM bakal  mati alias habis  masa berlakunya. Dan konsekuensinya harus membuat SIM baru dengan segala test dari awal seperti saat pertama kali membuat SIM. Bisa dibayangkan bagaimana nantinya kan? Pastinya habis waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sudah gitu SIM saya dua pula SIM A dan SIM C. Wuaaahh rogoh kocek lebih dalam deeehh. 

Akun sosmed Mal Alam Sutera 

Tapi semua itu hanya ada dalam bayangan saja. Dengan penuh drama hari hujan yang tak surut-surut. Di 3 hari terakhir SIM mati, sepeda motor ku menembus hujan menuju Mal Alam Sutera Tangerang. Sebetulnya ada dua lokasi Gerai Samsat Online yang bisa mengurus perpanjangan SIM online untuk semua daerah seluruh Indonesia ini. Di Tangcity Mal dan Mal Alam Sutera, buka dari jam 10 sampai jam 5 sore. Untuk Gerai Samsat Online Mal Alam Sutera buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Setiap gerai masing-masing berbeda sih. Cek dulu aja di akun sosmed masing-masing gerai ya. 

Sampai di Mal Alam Sutera pun jam menunjukan pukul 3 sore. Deg-degan sih apa masih buka atau sudah tutup. Tapi alhamdulillah, ternyata masih buka. Kecurigaan tutup lebih awal karena hari ini cukup lumayan berat dengan cuaca tak menentu. Hujan turun hampir tanpa jeda. 

Isi form

Menunggu foto dan rekam sidik jari

Sepi, dan hampir tak ada orang. Hanya beberapa termasuk saya yang mengurus perpanjangan SIM. Prosesnya juga tak bertele-tele loh, petugasnya juga ramah dan melayani dengan penuh smile dan canda gurau sesama petugas. Saya dipersilahkan untuk mengisi form pengajuan sambil kroscek data yang ada di form komputer. Selesai langsung menuju ke meja sebelah untuk foto dan rekam sidik jari. Menunggu satu orang didepan saya yang cepat selesai lalu giliran saya. Karena ada dua SIM foto dan rekam sidik jari juga dilakukan dua kali kali prosesnya. Dan siap. 

Sambil menunggu SIM baru, saya melakukan pembayaran dengan harga SIM A dan SIM C Rp 330 ribu. Lebih murah dan harga ini harga sekaligus 2 SIM. Ketika saya tanyakan biaya untuk satu SIM Rp 190 ribu. Wahh beruntungnya saya. Selesai membayar selesai juga SIM A dan SIM C saya ditawarkan pula jasa pasang laminating SIM seharga 10 rb. Sebagai ucapan terimakasih atas proses yang kilat dan cepat saya tak keberatan untuk membayar jasa laminatingnya. 

Terimaksih Samsat Online! Teruskan kinerja bagus ini. 

Demikian,
Salam.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Persyaratannya Pa aja om

    BalasHapus
  2. Maaf Om, Sim saya mati tgl 7 bln ini, masih bisa di perpanjang apa ga..

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!