Bukan Perjalanan Biasa, Xpander Plant Tour MMKI Cikarang

Februari 10, 2018

Barangkali ini merupakan perjalanan yang mungkin jarang dilakukan oleh semua orang. Mengunjungi pabrik perakitan mobil memang bukan sesuatu yang di jadikan sebagai sebuah perjalanan biasa. Ini merupakan kunjungan yang dilakukan oleh alasan tertentu atau ketertarikan tertentu. Bahkan  kesempatan langka yang tidak bisa di peroleh oleh semua orang.

Jika saja saya bukan seorang Blogger, atau juga anggota komunitas mungkin kesempatan ini tak akan pernah saya dapatkan. Yup, pada tanggal [7/2] lalu saya berkesempatan mengikuti Xpander Plant Tour bersama komunitas ISB dan Mobil123 portal otomotif no1 mengunjungi pabrik otomotif asal Jepang Mitsubishi. Di kawasan Delta Mas,  Cikarang  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) melakukan seluruh proses perakitan mobil merk berlambang tiga diamond Mitsubishi.

Mitsubishi merupakan brand yang sangat tidak asing di telinga saya. Saya mengenal Mitsubishi melalui mobil Colt L300 yang pernah saya naiki di kawasan Puncak Cianjur. Sebab mobil tersebut sampai kini masih menjadi mobil angkutan yang di gunakan oleh masyarakat beraktifitas dari bukit ke bukit lainnya yang tentu waktu itu masih menjadi pilihan sebab kapasitas yang lumayan banyak dan bisa melewati medan jalanan yang naik turun bukit atau bahkan pegunungan.

Dan lalu saja mendapat kesempatan mengunjungi pabrik yang merakit kendaraan tersebut. Hal ini kan menjadi kegembiraan yang membuat hati berbunga-bunga ‘bagai jatuh cinta’ (halah ini lebay; jangan dibaca). Bersama rombongan sejumlah 20 + 5 krew tim mobi123 kami memulai perjalanan ini di titik pertemuan fx Sudirman yang berseberangan dengan Pintu 1 Selatan Gelora Bung Karno (GBK). Teman-teman satu rombongan kami ternyata memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi, sesuai arahan jam 7.30 kami pun berangkat. Dan perjalanan pun di mulai.

Dari Jakarta menuju Cikarang menempuh  waktu kurang lebih 3 jam, hal ini di sebabkan hambatan di jalan jalur tol bekasi yang sedang dalam progres pembangunan jalur LRT yang sedang dikebut tahun ini penyelesaiannya dan menyebabkan ramai nya kendaraan disebabkan badan jalan yang menyempit. Suasana demikian tak mengurangi keceriaan rombongan selama perjalanan di dalam bus. Peserta yang rata-rata seneng humor dan saling bergurau melemparkan tawa yang membuat segar suasana selalu. Tapi sepertiga perjalanan saya lewati dengan tidur sebentar untuk menjaga tubuh agar tetap segar. Maaf ya kalau saya sempat mendengkur dan mengganggu seisi bus hehehe.

Sebelum menuju pabrik MMKI kami singgah dahulu untuk makan siang di Rumah Makan Sederhana istilahnya Ishoma dulu. Menu khas masakan padang menjadi hidangan kenang-kenangan perjalanan Xpander Plant Tour ini. Seluruh peserta tentu sangat senang dengan menu masakan padang. Dan dapat terlihat setelah makan meja mana yang tumpukan piringnya paling banyak  hahaa. Itulah dia yang makannya lahap. (ssst piring makan saya tumpuk kesebelah he).

Tepat jam 13.00 lalu tibalah kami di MMKI. Beberapa tim security dan employi menyambut kami turun dari bus. Mempersilahkan kami menuju ruang lobby dan setelah bebrapa saat kami menuju ruang Press Konference.

Oiya di lobby terpajang dua mobil yang di produksi MMKI. Pertama adalah mobil Pajero Sport yang sudah melegenda dan berjaya hingga trek gurun pasir. Dan yang kedua adalah mpbil MPV Xpander yang kini sedang dipasarkan dan telah berhasil mendapat pesanan hingga 50 ribu unit.

Mobil Mitsubishi Pajero merupakan mobil yang juga di produksi di MMKI Cikarang ini. Dan Mobil Mitsubishi Xpander menjadi mobil yang saat ini sedang di pasarkan juga proses perakitannya di MMKI ini. Wah inilah rupanya yang menjadi kebanggaan industri mobil yang terus berkembang di Indonesia. Varian dan jenis mobil yang semakin memberi pilihan yang cocok buat keluarga masyarakat Indonesia. Sesuai tipikal jalan dan kondisi budaya masyarakat kita.

Presiden Direktur MMKI Takao Kato menyampaikan sambutannya dengan mengucapkan terimakasih bahwa produk Mitsubishi dapat di terima oleh Masyarakat Indonesia. Bentuk dukungan tersebut terlihat dari pemesanan Xpander yang melebihi ekspetasi Mitsubishi sendiri. ”Dan pada hari ini kami juga mempersilahkan untuk melihat proses perakitan mobil Xpander dan Pajero. Juga telah dipersiapkan sesi Test Drive untuk merasakan pengalaman langsung sebagai selling points sebab Feeling is Believing”. Demikian ungkapnya.

Meski kunjungan ini terbatas dengan restrikisasi yang ketat soal pengambilan gambar (memotret) di area plant. Namun melihat langsung dengan guiding oleh tim MMKI merupakan pengalaman yang luar biasa, menyaksikan bagaimana mesin-mesin robot canggih bekerja dan sebagian manusia yang turut merakit mobil-mobil Mitsubishi. Inilah yang menjadikan perjalanan saya kali ini bukan perjalanan biasa.

Sambil melihat sekeliling denyut proses perakitan mobil Mitsubishi mulai dari Area Asembling. Yang disini saya melihat arm robotik (serupa tangan robot) melakukan stamping pada body dalam mobil Mitsubishi. Tak terbayangkan betapa presisi stamping yang dikerjakan arm robotik melakukan pekerjaannya secara kontinyu dalam sistem perakitan. Canggih !.

Lalu memasuki line Welding, yang disini sisi-sisi body bagian dalam di satukan. Tak seperti di area stamping yang terlihat sepi manusia nya. Disini terlihat lebih banyak tangan manusia yang bekerja dengan alat yang canggih pula. Kemudian kami diajak memasuki area Painting yang terlihat bersih dan sangat clean. Tidak berbau cat yang kuat dan mobil-mobil tesebut terus beriringan berjajar bergerak. Daan nanti diujung pintu Mobil tersebut keluar dengan sempurna menunggu proses selanjutnya tahap uji coba untuk  Quality Control.

Setelah melewati beberapa line, dikarenakan waktu yang sangat singkat kami pun melanjutkan ke sesi berikutnya yang telah ditunggu oleh semua visitor yaitu Test Drive. Sesi kali ini MMKI melibatkan Rifat Sungkar sebagai brand Ambassador untuk bersama merasakan eksperien melakukan test drive semua type Xpander. Mulai dari yang manual dan metik, juga type Xpander Sporty dan Xpander Ultimate.

Kebetulan saya bersama tiga orang kawan lainnya berkesempatan menaiki Xpander Ultimate. Senangnya saya mendapat driver ganteng yang berpengalaman juga dalam driving mobil dari Rifat Drivers Labs (RDL) namanya Mario Nicholas. Sebagai driver coach yang berpengalaman Mario juga menjelaskan kelebihan yang dimiliki Xpander Ultimate adalah type yang memiliki spesifikasi paling tinggi diantara varian Xpander yang ada.

Sebelum mobil bergerak  Mario menjelaskan stir Mobil Xpander Ultimate yang bisa di sesuaikan dengan kenyamananya. Kemudian mobil pun bergerak memasuki 4 jalur yang di siapkan. Jalur pertama jalur memasuki area clear. Setelah itu memasuki jalur test rem. Jalur di buat licin selicin-licinnya pun di tambah dengan genangan air sabun. Mario mengatakan bahwa keunggulan system rem sudah menggunakan system ABS atau dikenal Anti Lock Breaking. Yang pada saat pengereman di kecepatan tinggi mobil tidak bergerak kekiri atau ke kanan layaknya drifting.

Kemudian memasuki jalur test suspensi, jalur dibuat sedemikian rupa tak mulus. Namun suspensi yang dirasakan per terasa keras dan kokoh namun tetap membuat nyaman tak mengguncang secara berlebihan. Lalu berlanjut memasuki jalur circle eight, disini performa sesungguhnya mobil Xpander kami uji (ciyeee). Untung saja kami bertiga berada bersama driver yang tepat. Saya yang duduk di sebelah kirinya mencoba tak berpegangan pada handle diatas.  Tapi tetap berdo'a dalam hati agar tetap aman dan terkendali. Jujur saja jantung di dada ini ikut sport dagdigdug.

Dengan piawainya seorang coach driver menaklukan circle eight dengan mulus. Sehingga saat turun dari mobil saya bersama kedua teman blogger di kursi belakang turun dari mobil secara slow motion dan gagah sambil menepis telapak tangan yang berkeringat hahahaha.

Demikanlah bukan perjalanan biasa yang saya alami pada 7 februari 2018 yang bertepatan juga dengan HUT saya. Syukur alhamdulillah perayaan nya berjalan dengan lancar dengan dihadiri lebih kurangnya 300 orang di halaman arena Test Drive shipping parking PT MMKI (hahaha azas manfaat/ mengklaim ini pesta HUT saya) Maafkan yaaaaa...