Pentingnya Vitamin D untuk Mendorong Kemampuan Belajar Anak

Mei 06, 2024

Perlunya vitamin D dan bimbingan belajar untuk anak

Memahami apa yang terjadi pada tubuh mampu melakukan upaya melakukan perawatan terbaik yang bisa dilakukan secara mandiri atau saya sebut self treatment. Karena beberapa tanda yang terjadi pada tubuh adalah sebuah sistem pengingat yang diberikan Tuhan secara alami terjadi pada tubuh kita. Beberapa nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti vitamin tidak selalu didapat secara seimbang atau proporsional. Seperti pada kebutuhan akan vitamin D yang sangat dibutuhkan dalam pengelolaan kerja hormon dalam tubuh. 

Aktivitas manusia memang tidak sempurna bukan? Jadi akan selalu mengalami kekurangan vitamin, mari kita fokus dulu pada vitamin D. Apa dan pentingnya bagi tubuh kita akan urai secara sederhana saja. 

Mengetahui adanya beberapa gejala pada tubuh yang mengganggu produktivitas bagi orang dewasa dan juga anak-anak menjadi sangat wajib agar kita sendiri dapat melakukan self treatment. Gejala-gejala seperti mudah lelah, merasa depresi, pengeroposan tulang, nyeri pada tulang, rambut rontok, penyembuhan luka lebih lama, nyeri pada otot dan mudah sakit adalah beberapa tanda kekurangan vitamin D pada orang dewasa. Sedangkan kekurangan vitamin D pada anak memiliki tanda-tanda iritabilitas, depresi, distraksi, kelelahan/mudah lelah, sulit belajar, mengingat yang buruk dan cenderung agresif. Tanda kekurangan vitamin D pada orang dewasa dan anak sedikit berbeda karena cara kerja vitamin dan hormon pertumbuhan yang berbeda. 



Pentingnya Vitamin dan Uniknya Vitamin D

Vitamin memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Semua jenis vitamin sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berbagai vitamin yang dimilikinya sendiri menjaga sistem kesehatan tubuh. Sedangkan vitamin D memiliki peran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga memberikan manfaat kemampuan kognitif yang lebih baik. Vitamin D bekerja di hipokampus dalam bagian otak manusia. Vitamin D juga disebut Vitamin Matahari karena vitamin D terdapat pada pigmen kulit yang jika terpapar sinar matahari akan aktif dan menyebar menuju hati. 

Sumber Vitamin D 

Vitamin D bisa didapat hampir 80% dari matahari, hampir 20% dari makanan dalam tumbuhan dan hewan kemudian sisanya dari suplemen. 

Peran Vitamin D untuk Kognitif 

Tubuh yang memiliki bakal vitamin D yang cukup berasal dari makanan yang kita konsumsi. Tumbuhan dan hewan yang menyediakan bakal vitamin D diserap tubuh dan banyak disimpan dalam pigmen kulit. Ketika kulit terpapar matahari dengan kandungan sinar UVB UVB yang dapat mengaktifkan vitamin D didistribusikan ke hati hingga bagian otak yang bernama hipokampus. 

Status Vitamin D pada Tubuh

  • Defisiensi atau kekurangan vitamin D atau memiliki kadar rendah. Tidak mencukupinya kebutuhan tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. 
  • Insufisiensi tubuh berpotensi kekurangan vitamin D. 
  • Sufisiensi , cukup memiliki vitamin D 
  • Toksisitas , memiliki kadar tinggi atau berlebihan dan ini juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

Bimbingan Belajar Anak 

Bimbingan belajar anak Sinotif 

Kemampuan anak agar mampu bersaing di sekolah dengan unggul bisa ikut sertakan dalam program bimbingan belajar. Tentu saja ini bertujuan untuk memberikan kesempatan lebih besar bisa berprestasi di sekolah mereka. Meski begitu harus diperhatikan juga bagaimana kondisi anak tersebut. Apakah memang cukup bisa mengikuti Bimbingan Belajar atau tidak. Karena menyesuaikan kemampuan anak adalah yang terpenting dari sekedar mengejar prestasi sekolah. 

Kebutuhan gizi mereka yang tercukupi merupakan modal dasar kemampuan anak untuk bisa lebih bertumbuh dan berkembang. Sehingga ketika mengikuti berbagai program belajar di sekolah maupun di luar sekolah bisa menjadi langkah yang tepat untuk perkembangan anak. Kombinasi antara kecukupan gizi dan bimbingan belajar bisa lebih optimal dalam mewujudkan prestasi anak lebih gemilang. 

Bimbingan Belajar Sinotif 

Sinotif adalah pusat bimbingan belajar yang berkantor pusat di Jl.Danau Sunter Utara B1B no 3 Jakarta Utara, DKI Jakarta. Sinotif memiliki program Bimbel Spesialis Matematika Fisika Kimia untuk siswa SD, SMP dan SMA. Sinotif memiliki cabang di berbagai kota dan daerah. 

Sinotif juga menyelaraskan program bimbel dengan berbagai kurikulum. 

Kurikulum Nasional

K13, MERDEKA

Pemahaman materi harian, PR, latihan, ulangan harian, tengah semester, ulangan umum kenaikan kelas, kelulusan AKM.

Kurikulum Internasional

CAMBRIDGE, IB, HSC dan lainnya

Pemahaman materi, PR hingga ujian kenaikan kelas, serta tes khusus internasional: Checkpoint, IGCSE, O Level, A Level, As Level, HL/SL Diploma.

Kurikulum Nasional Plus

K13, Merdeka Plus

Materi kurikulum Nasional dan berbahasa Inggris, untuk pemahaman setiap bab, PR, latihan hingga ujian semester dan kenaikan kelas.

Bimbel Sinotif juga menerapkan metode belajar yang sangat efektif dan mumpuni dan membuktikan keberhasilan yang tinggi membantu proses belajar anak. 

Metode Belajar Mengajar yang sudah terbukti berhasil adalah :

SPECIALIZED

Belajar langsung dari ahlinya. Para guru di Sinotif adalah spesialis di bidangnya dan telah melalui pelatihan serta bersertifikasi khusus.

SYSTEMIZED 

Belajar eksakta tanpa ribet. Konsep belajar tersistem yang memenuhi gaya belajar linier maupun global.

PERSONALIZED 

Fokus bantu raih target belajar. Pendekatan personal sesuai kebutuhan dan target yang ingin dicapai siswa.

LIMITLESS 

Layanan 24 jam nonstop. Siswa dapat bertanya soal 24jam melalui aplikasi Tanya Jawab Soal dan kembali pelajaran di situs seratusinstitute.com. 

Metode Pembelajaran Sinotif sudah terbukti berhasil meningkatkan nilai siswa, dengan pengalaman Sinotif dan perbaikan berkelanjutan lebih dari 20 tahun membuat berbagai siswa mampu mencapai tujuan pendidikan mereka. 

Ulasan ini bersumber dari Webinar via Zoom dengan tema "Orangtua Harus Tahu! Pentingnya Vitamin D untuk perkembangan kognitif anak" , yang diadakan oleh Sinotif menghadirkan narasumber Tri Hastuti, Kepala Cabang dan Product Specialist Parahita Diagnostic Center. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan, silakan beri komentar dan saling memberikan koreksi untuk perbaikan jika ada yang kurang berkenan.

Salam. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!