Langsung ke konten utama

GERMAS Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Harga Mati !


Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Mengingatkan akan kesehatan dirasa sangat perlu bagi keberlangsungan hubungan kemasyarakatan seluas negeri Indonesia ini. Untuk itu pihakpihak yang bermandat menjalankannya seperti kementerian kesehatan selalu mencanangkan misinya demi menyukseskan kesehatan rakyatnya.  Beberapa waktu lalu tepatnya 13 Januari 2017 di halaman kantor kementerian kesehatan RI, saya berkesempatan menghadiri kegiatan woroworo kemenkes tentang gerakan masyarakat hidup sehat yang di singkat GERMAS. Memang kemenkes ini gak pernah bosan meyampaikan pentingnya hidup sehat kepada khalayak rakyat ini. Negeri berpenduduk 200 juta lebih yang selalu harus terjaga kesehatannya. Dengan berbagi upaya dan cara dari periode ke periode dari masa pemerintahan ke masa pemerintahan yang berganti tugasnya Cuma satu itu, yakni menjaga  kesehatan rakyat agar terus berdaya guna membangun negeri. Ah sungguh perlakuan mulia bukan  ??

Pagi itu saya memang datang terlambat, perjalanan menuju jakarta di pagi hari sungguh bukan hal biasa bagi saya. Sehingga meski telah menyetel alarm pada jam pagi buta agar tepat waktu masih saja meleset. Namun masih sangat bersyukur datangnya gak telat-telat amat. Hanya saja saya melewatkan senam bersama yang aduhai ingin sekali saya lakukan. Namun keringat yang mengucur selama dalam perjalanan jalan kaki seolah mengganti keringat yang dikeluarkan saat senam. Seolah yaa, catet, se o l a h. Nanti setelah merasa keringat sudah mengucur karena berjalan kaki menuju kantor kemenkes adalah sama dengan keringat yang keluar pada saat senam ternyata menjadi hal yang sangat berbeda ketika ibu Menteri yang baik hati dan tidak sombong duduk-duduk bareng di halaman bercengkerama riang bareng blogger. Sambil tentunya memberikan pemahaman tentang  pola hidup sehat yang benar. Sebab niatnya sudah beda, niat berolahraga itu mulia sebab akan menghasilkan kesehatan yang paripurna sebab awalnya di mulai dengan niat berolahraga. Itu yang di katakan berolah raga berbeda dengan aktifias fisik. Semua orang beraktifitas, bergerak dan berkeringat. Namun berbeda tujuannya dan niat awalnya. Aktifitas fisik tidak mutlak membuat anda sehat. Namun berolah raga sudah pasti membuat anda sehat jelas bu Menkes.

Banyak Makan buah yaaa

Suasana yang santai dan akrab terjalin begitu erat antara ibu Menkes dan temanteman blogger. Dalam satu alas karpet duduk bersama kami saling berdiskusi dan sambil capture cwit cwit cantik di medsos . pesan pesan pendek pun kami sampaikan dari apa yang di paparkan oleh bu Menkes beserta tim nya. Oya tidak lupa juga sambil nyemil buahbuahan. Dan bukan tanpa alasan cemilan buah ini di hidangkan. Dan ternyata memang benar kesadaran mengonsumsi buah bagi  masyarakat kita dirasa masih kurang. Padahal kandungan gizi yang terdapat dalam buah begitu banyak dan tinggi. Sangat di butuhkan oleh tubuh agar sehat.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Ibu Menkes Sedang Bincang Santai Bersama Blogger di halaman Gedung Prof Sujudi

Pola makan dengan gizi seimbang sepertinya menjadi tantangan terbesar masyarakat Indonesia yang kini hidup di jaman serba instan. Sesungguhnya hal-hal yang mestinya mampu menopang segala aspek daya hidup kebersamaan bisa terus terbangun dengan kuat. Hanya dengan menjalani pola hidup sehat. Sederhananya begini, biar sehat makanlah buah, buah yang ditanam oleh petani. Petani buah terbantu dan petani bisa hidup secara layak. Setelah hidupnya layak tentu juga harus sadar sehat dan berpola yang sehat juga. Petani jadi suka berolahraga, dan suka menanam buah dan memberinya rizki berlimpah. Sehingga orang banyak bisa mengonsum buah-buahan.

Gerakan masyarakat Hidup Sehat
Ibu Menkes Sedang Bincang Santai Bersama Blogger di halaman Gedung Prof Sujudi

Tuhkan, terkadang ketika saya menulis seringkali melompat lompat. Sama seperti ketika saya saat sedang berbicara. Tapi yang penting intinya sampai ke pembaca ya. Oya, ini ada catatan yang paling penting GERMAS 2016 -2017 bahwa masyarakat Indonesia harus bisa dengan baik menjalan kan tiga hal berikut demi SEHAT :
  1. Aktifitas Fisik dengan Rajin Berolahraga
  2. Mengonsumsi Sayur dan Buah 
  3. Memeriksa Kesehatan secara berkala


Demikianlah, bacalah tulisan saya lainnya ya. Terimakasih.  sssst abaikan judulnya yaaa... hihiJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Potong Rambut di Kaizen

Sebelum mudik seperti biasa saya rapih-rapihin rambut, soalnya mau ketemu dan sungkeman dengan mertua. Kalau nggak rapi gimana gitu..udah setahun nggak ketemu. Tempat potong rambut langganan di Bonang di komplek tempat tinggal kebetulan lagi tutup, untungnya saya punya tempat potong rambut favorit di mall. Sambil nemanin istri belanja sekalian deh melipir ke KAIZEN buat potong rambut. Soal harga memang beda jauh sih dengan tempat potong rambut di komplek saya, tapi hasil potongnya sama-sama memuaskan.


Awalnya paling nggak suka potong rambut di mall. Sewaktu jalan ke mall bareng istri KAIZEN di mall Sumarecon Serpong baru saja buka. Dan pas banget rambut lagi gondrong, jadi lah istri maksain potong rambut di KAIZEN. Waktu baru buka harganya masih promo kalau nggak salah sekitar 25ribu. Setiap potong rambut selalu ditanyain mau model rambut kayak apa, kalau saya sih selalu bilang 1 senti, si mbaknya udah paham. Soalnya dari awal buka sudah beberapa kali potong rambut di KAIZEN Sumare…