AIR = H2O jadi industri

Oktober 23, 2015




Hai gaes, ini kali kedua saya menulis blog, yang entah kenapa saya mau menuliskannya (thanks sandhi) Selamat membaca ya...

Cianjur, satu kata nama sebuah tempat atau daerah. Secara demography berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP).  Memikirkannya (kata: Cianjur) menjadi lintasan waktu yang cukup panjang membelah wilayah memori dalam kepala saya, selama dalam perjalanan. Yang kali ini bersama sekelompok orang ‘ahlul blogger’ id blognetwork . Kami semua di hantarkan menuju suatu area lahan yang tak pernah terpikirkan untuk menjadi sebuah area industri. Untuk suatu industri yang tak terpikirkan pula yakni ‘Air Putih’....(gile gak?)

Industri Air Putih gaessss,.... jika memikirkannya lebih jauh saya menemukan banyak hal kaitan yang saling kait mengait. Bagaimana awalnya, bagaimana prosesnya, bagaimana semuanya dapat berlangsung, dan hal lain sebagainya yang terenung oleh daku sebagai ‘manusia seperti daku’. Yang memang sangat tidak sederhana gaesss. Menjual air putih sungguh sebuah 'kegilaan' gaesss... tapi disini ‘kegilaan’  ini harus difahami secara bijak gaesss...

Bayangkan gaess, air merupakan sebuah sumber kehidupan...Ssumber kehidupan! Ia (air) merupakan juga sebuah ikatan kimia gaesss...(eiiits) H2O yang artinya Hidrogen yang terikat oleh dua atom Oksigen, karena jika hidrogen tidak diikat dengan oksigen tidak jadi AIR gaesss...(kata guru kimia sayah)
Dimana banyak AIR? Di mata Air gaesss..hehe. di Cianjur ini terdapat sebuah plant air mineral gaess.. di bangun oleh seseorang yang bernama Tirto Utomo. Siapa dia? ...dialah ‘pelaku’ utama di balik berdirinya sebuah perusahaan air PT Tirta Investama. Perusahaan yang mengolah air mineral untuk dapat di konsumsi oleh banyak orang yang membutuhkannya untuk suatu kondisi tertentu dan di waktu tertentu dalam kemasan. Dan sudah kita kenal dengan brand (merk dagang) AQUA. Brand Aqua ini gaes tidak bisa kita jauhkan dari sosok seorang Tirto Utomo yang memang Founder bagi keberlangsungan industri air mineral di Indonesia ini.

Hidup ini terus berubah gaesss... perubahan cara hidup seseorang dalam dinamika masyarakat juga terus berubah sesuai polah masyarakat itu sendiri. Yang awalnya minum air dalam perjalanan kita siapkan dan bawa semenjak dari rumah, kini tidak lagi gaesss...cukup beli Aqua gaesss...hehe. bahkan kini gaesss..untuk kebutuhan air minum dalam rumah tangga gak perlu masak lagi..tinggal beli gaessss...(kenapa demikian?.. sambil berfikir keras) kondisi lingkungan hayati juga berubah gaesss...semua berubah gaess dengan kita sadari atau tidak. semua BERUBAH. Dan mari sadari dahulu sebagai kesadaran paling mendasar bahwa perubahan adalah hal yang tak bisa kita nafikan. Dan setelah sadar mari kita PEDULI.

Bahwa air yang kita minum, kita gunakan dalam kehidupan ini, juga rentan dalam bagian siklus kehidupan. Namun dalam kerentanannya mari kita sikapi secara bijak. Pabrik yang berdiri di lahan seluas 12,15 ha ini membuktikannya. Hingga naif jika sebuah pabrik berdiri tanpa limbah. Meskipun pabrik itu memproduksi air bersih untuk di minum. Dan pabrik ini gaes, bukan satu-satunya. Pabrik PT Tirta Investama di Cianjur ini merupakan plant yang ke 13 dari sekian banyak pabrik brand Aqua ini di seluruh Indonesia. Kemudian Plant yang berada di kawasan TNGP ini juga sadar akan memiliki dampak langsung maupun tidak langsung bagi lingkungan hayati di kawasan TNGP. Hal-hal yang berkaitan mengenai dampak sosial dalam lingkup kawasan plant Area juga memiliki divisi CSR (Corporate Social Responsibility) yang khusus untuk berdampingan langsung memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar plant. Dalam hal ini bersama HIPOCI (Himpunan Petani Organic Cianjur).

Hai gaess, seperti yang saya katakan di atas, sangat tidak sederhana kan menyoal Air, Pabrik, Lingkungan Hayati dan Masyarakat (Society). Maka yang di sebut sebagai keseimbangan alam juga menjadi siklus yang harus terjaga,  penggunaan sebesarnya yang sustainable dengan keselarasan alam. Peran serta yang sudah terjalin seperti HIPOCI dan PT Tirta Investama plant Cianjur ini harus terus menjadi pionir-pionir perubahan yang terdepan bagi kebaikan alam itu sendiri. 

Sebab Alam didalam nya ada manusia (baca: society) yang hidup sebagai bagian Alam Raya. Maka menjadi faktor paling utama Manusia/Society  yang merawat dan melestarikan alam itu. Dengan cara apapun. Sekecil apapun perbuatan yang bernilai baik akan berdampak sangat besar bagi keberlangsungan kebaikan itu sendiri. Mustahil manusia tidak mengekplorasi alam, dan sangat rakus jika hanya mengeksplorasi saja tanpa ada usaha melestarikan alam. Sebab seluruh kebutuhan hidup manusia semua telah tersedia oleh alam, Tinggal manusianya yang harus Sadar dan Peduli membangun kebersamaan menjaga keselarasan alam untuk kehidupan. 

Begitulah tulisan ini saya buat, sampai jumpa lagi...
Saat ini AQUA sedang mengadakan Anugerah Jurnalistik AQUA V (AJA V), tujuannya untuk mendorong terciptanya kelestarian air dan lingkungan. Ini kompetisi yang ke 5 sejak di mulai tahun 2010. AJA V terbuka bagi wartawan media massa dan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Ikutan yuuk untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi alamat berikut yaa http://aqua.com/anugerahjurnalistik/

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!