Asus Vivobook 14X (M1403) Rekomen untuk Upgrade Laptop Terjangkau dan Powerful

September 19, 2023


Saya saat hands on laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) di Katarasa Restaurant Hotel Grand Zuri BSD 

Mencari laptop yang sesuai kebutuhan itu gampang-gampang susah. Tetapi selama memiliki kriteria kebutuhan yang jelas pasti akan mudah mendapatkan laptopnya. Kebutuhan akan fungsi laptop menurut saya ada tiga hal, spesifikasi yang proper, sesuai budget dan laptop yang dicari harus lebih baik dari yang dimiliki saat ini. Rekomendasi laptop yang ingin saya upgrade sesuai tiga hal yang saya sebutkan tadi yaitu laptop Asus Vivobook 14X (M1403).

Kebutuhan saya yang paling proper adalah layar laptop yang sudah OLED, terdapat banyak fitur penunjang produktivitas, dan paling penting memiliki mesin yang sudah lebih baik dari laptop yang saya miliki saat ini. Bersyukurnya saya mendapatkan kesempatan untuk bisa turut serta dalam acara Blogger ASUS Gathering Jakarta 2023. Sehingga bisa memiliki kesempatan untuk mencoba pengalaman pakai laptop seperti yang saya inginkan. Ada beberapa laptop yang disediakan tetapi saya langsung tertuju ke laptop ASUS Vivobook 14X ini. Tentu ini membuat saya memiliki alasan kuat kenapa ASUS Vivobook 14X ini menjadi rekomendasi untuk upgrade laptop. Nah,  berikut ini keunggulan dari laptop ASUS Vivobook 14X (M1403).

Mudah dibawa kemana-mana

Storage dan Processor

Storage dan processor laptop ASUS Vivobook 14X adalah kriteria yang saya butuhkan karena berkapasitas besar dan spek yang lebih tinggi dari laptop yang saya miliki saat ini. Memory yang upgradable up to 16 GB sama juga dengan SSD yang juga upgradeable up to 512 GB bisa membuat saya menambah atau menaikkan kapasitas memori dan SSD. Memori ASUS Vivobook 14X (M1403) mengandalkan memori DDR4-3200 yang kapasitasnya dapat di-upgrade hingga 24 GB. Sedangkan penyimpanan di Vivobook 14X (M1403) menggunakan PCIe 3.0 SSD berkapasitas 512 GB yang tidak hanya memiliki durabilitas lebih baik, tetapi juga performa yang jauh lebih kencang dari HDD ataupun SSD SATA.

Perpaduan memori dan storage yang upgradeable dengan Processor AMD Ryzen 5 5600H upgradeable juga up to AMD Ryzen 7 5800H. Karena prosesor Ryzen juga selalu ada spek diatasnya. Jadi range H-series ini juga sudah lebih baik dari seri sebelumnya yang U-series. Jadi baik prosesor, Memori dan Storage semuanya upgradable. Masih bisa dikulik untuk bisa mencapai spesifikasi terbaik pada mesin utama laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) ini. Proses upgrade juga sangat mudah karena slot memori tersebut dapat diakses hanya dengan membuka panel penutup bawah bodi laptop ini.


Dengan demikian performa ASUS Vivobook 14X ini sangat tidak diragukan lagi, ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 5600H yang biasanya digunakan di laptop gaming tersebut memiliki TDP 45W, menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread, dan mampu dipacu hingga 4,2 Ghz. Prosesor tersebut juga dibangun menggunakan arsitektur Zen3 yang lebih powerful dari generasi sebelumnya. Dan seolah belum cukup prosesor ini juga telah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi AMD Radeon Graphics yang powerful. Chip grafis tersebut memungkinkan Vivobook 14X (M1403) untuk dapat menghadirkan performa pemrosesan grafis yang lebih baik dibandingkan dengan laptop sekelasnya. Dengan kata lain Vivobook 14X (M1403) dapat digunakan untuk berbagai aktivitas yang membutuhkan performa komputasi grafis ekstra, termasuk bermain game. Wah, udah lebih baik dari sekedar produktivitas membuat konten deh yaaa. 

Layar ASUS OLED

ASUS Vivobook 14X (M1403) menggunakan ASUS OLED dengan teknologi layar laptop terbaik saat ini. Layar ASUS OLED di Vivobook 14X (M1403) menggunakan resolusi 2,8K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Ditambah lagi rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif. Jaminan kesehatan mata dan kenyamanan pengguna laptop ini udah paling terjamin deh ya. 

Laptop saat dibentangkan 180⁰, semakin stylish

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya, layar ASUS OLED diciptakan berdasarkan standar kebutuhan industri kreatif. Dengan demikian, semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh pembuat konten seperti saya. 

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Berkat ASUS OLED, pengguna Vivobook 14X (M1403) dapat menikmati sajian visual terbaik sekaligus dapat beraktivitas lebih lama tanpa harus khawatir dengan dampak negatif layar laptop bagi kesehatan mata.


Berlimpah Fitur Brilian

Berikut ini adalah berlimpahnya fitur yang terdapat pada laptop ASUS Vivobook 14X (M1403). Telah dibekali port yang sangat lengkap untuk menunjang aktivitas penggunanya, mulai dari USB Type-A untuk koneksi perangkat tambahan, dan 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio. Ditambah juga terdapatnya Port USB 3.2 Type-C agar penggunanya dapat menghubungkan berbagai perangkat modern terkini. 

Dari sisi desain selain memiliki bodi yang ringkas dan ringan sehingga mudah untuk dibawa bepergian, Vivobook 14X (M1403) telah dilengkapi keyboard ASUS ErgoSense yang dirancang secara presisi sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik seperti menggunakan keyboard desktop premium. Touchpad Vivobook 14X (M1403) juga dibuat lebih lebar agar lebih nyaman digunakan.

Seolah belum cukup dengan keyboard dan touchpad yang nyaman, Vivobook 14X (M1403) sendiri telah dilengkapi dengan fitur AI Noise-Cancelling yang memungkinkan mikrofon pada laptop ini untuk dapat meredam suara bising yang ada di sekitar penggunanya. Berkat fitur tersebut, pengguna Vivobook 14X (M1403) dapat lebih leluasa beraktivitas kapanpun dan dimanapun. Apalagi saat pers conference atau interview dengan berbagai audience di ruangan terbuka yang ramai. Fitur ini sangat membantu sekali memberikan kenyamanan pendengaran kita. 

Ada lagi nih, fitur brilian pada ASUS Vivobook 14X (M1403) juga dilengkapi dengan fitur penjaga privasi. Webcam laptop ini telah dilengkapi penutup fisik terintegrasi untuk memastikan privasi penggunanya tetap terjaga. Fitur brilian lainnya adalah tersedia pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang terdapat di touchpad-nya. Sensor sidik jari tersebut telah terintegrasi dengan fitur Windows Hello sehingga penggunanya dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus mengetikkan password. Udah kayak buka hape aja yakan. 

Laptop ini juga memiliki engsel 180⁰ yang membuat laptop ini bisa dibentangkan sampai lurus. Saat dipegang bisa seperti sedang memegang tabloid saja. Fitur ini sangat mempermudah saya kalau sedang presentasi offline bersama diatas meja. 

Laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) bisa dibentang 180⁰ 

Fitur Brilian yang Tersembunyi

Laptop ASUS Vivobook 14X (M1403) juga dibekali sistem pendingin ASUS IceCool agar seluruh komponen di dalamnya dapat selalu bekerja secara optimal. Dibekali dengan kipas berbahan Liquid Crystal Polymer yang memiliki 87 bilah (blade), sistem pendingin ASUS IceCool mampu mendinginkan komponen di dalam Vivobook 14X (M1403) dengan tingkat kebisingan yang rendah yaitu kurang dari 38 dBA. Laptop ini dijamin tidak berisik dan sangat durable banget karena memiliki sistem teknologi pendingin terbaik. 

Pada laptop ASUS Vivobook 14X ini juga terdapat 99% anti bacterial inhibition yakni fitur Anti Bacterial Guard yang memberi perlindungan dari bakteri. Pakai laptop ini akan merasa nyaman karena bahan bodinya memiliki perlindungan khusus dari bakteri. Ini menambah performa yang bisa dibilang ramah kesehatan alias lebih higienis.


ASUS Vivobook 14X ini sangat rekomen banget buat upgrade laptop dari laptop yang saya miliki sekarang. Dengan bandrol harga di angka 9 jutaan, laptop ini telah memiliki berbagai keunggulan di kelasnya. Dan untuk saat ini masih sangat cukup untuk menunjang segala aktivitas produktif seorang konten kreator seperti saya. Dan saat ini saya telah menabung untuk bisa membawa laptop ini sampai di meja kerja saya. Nah, ini Laptop Asus Terbaik Versi Gue! Doakan ya semoga saja Alloh SWT memudahkan dan melancarkan untuk memilikinya. 


“Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari."








You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!