Kalkulasikan Nilai Properti dengan Kalkulator Pinjaman Mortgage Calculator 

Agustus 15, 2023

 Mortgage Calculator


Memiliki rumah adalah kebutuhan semua orang pastinya, seperti impian saya untuk memiliki rumah sendiri untuk hidup bersama kesayangan. Keinginan yang sama seperti orang lain yang sudah hidup bersama menjalani kehidupan rumah tangga. Pastinya bisa tinggal bersama di rumah sendiri, tidak menyewa rumah, ngontrak atau kost. Namun kalau belum ada rejeki ya mari kita tetap menikmati hidup di tempat kita saat ini. Mulailah mempersiapkan dengan penghasilan yang didapat lalu menghitung seberapa besar target sampai mampu memiliki rumah. Bersyukur juga harus terus kita lakukan sambil pelan-pelan mencari cara agar rejeki terus bertambah dan mencapai cita-cita untuk tinggal di rumah milik sendiri. 


Untuk memiliki rumah sendiri ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Kalau sesuai perhitungan kita bisa memiliki properti dengan skema KPR atau mortgage. Skema KPR harus dipahami bahwa itu adalah membeli dengan cara mencicil. Tentu dengan persyaratan yang memungkinkan untuk bisa mendapatkan rumah dengan skema KPR. Tentu saja ini memerlukan kalkulasi yang tepat hingga sampai pada waktu pelunasan, karena skema KPR terbilang memiliki jangka waktu yang panjang dan memerlukan perhitungan yang matang untuk bisa melunasi tepat waktu. Tak jarang juga beberapa kasus dalam KPR terjadi kredit macet, tentu saja kita tak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Kalkulator Pinjaman

Pilihan berikutnya adalah membeli rumah secara cash atau tunai. Membeli secara tunai ini sangatlah dianjurkan, sebab sangat sedikit resiko yang bisa terjadi. Pastinya perhitungan untuk membeli rumah dengan cash memiliki skema yang tidak panjang. Sekali transaksi kita langsung bisa memiliki rumah. Tetapi untuk mendapatkan uang tunai demi bisa membeli rumah dengan tunai harus rajin menabung dan juga rajin menaksir berapa harga rumah yang bisa dibeli dengan tunai. Sehingga saat uang sudah terkumpul kita bisa memilih mana rumah yang sesuai dengan keuangan yang ada. Karena tentu saja tak semua rumah cocok dan sesuai dengan selera dan kemampuan. Dua hal ini sering mengganggu pikiran kita saat memilih rumah atau properti. Selera bisa saja tinggi namun kemampuan hanya bisa KPR, atau kemampuan tinggi namun memilih hidup dirumah sederhana yang tak banyak menguras tabungan tentu ini akan memastikan keberlangsungan keuangan kita. 


Nah, untuk memenuhi kebutuhan kita akan informasi kalkulator yang tepat untuk dapat memiliki rumah pertama, rumah kedua atau investasi real estate, kita bisa memanfaatkan kalkulator pinjaman seperti Mortgage Calculator yang ada dalam versi web. Kita cukup membukanya melalui browser dan menyimpannya di bookmark browser. Mortgage Calculator ini sangat berguna untuk menghitung nilai properti atau juga kalkulator skema KPR. Mortgage  Calculator memang dibuat di Inggris, namun di Indonesia bisa juga digunakan dengan menyesuaikan dengan currency mata uang rupiah. 


Mortgage calculator ini sangat berguna untuk menghitung nilai dan kemampuan yang kita miliki untuk membeli properti baik di domestik maupun properti di luar negeri. Mungkin diantara teman-teman ada yang tertarik untuk membeli properti di luar negri, menggunakan mortgage calculator ini pasti akan sangat berguna. Kebutuhan melihat visi nilai properti yang akan bisa kita miliki bahkan untuk dijual kembali dengan nilai tambah membutuhkan perhitungan yang tepat. 


Kalkulator Pinjaman


Saat ini kita dihadapkan pada tantangan besar untuk dapat memiliki properti terlebih setelah pandemi berlalu. Regulasi untuk kepemilikan properti dan real estate tentu saja akan berubah mengikuti perkembangan iklim bisnis properti dan real estate. Untuk bisa update nilai properti dan merencanakan memiliki properti yang lebih baik mortgage calculator sangat dibutuhkan. 

 

Bagaimana perencanaan teman-teman untuk memiliki rumah? Kalau ada pertanyaan seperti ini mungkin saya akan menjawab rumah mungil yang nyaman dan bersahaja adalah rumah impian saya. Tak perlu memiliki lahan luas, selama tersedia tanah untuk menanam dan tercurah matahari yang berlimpah itu sudah cukup. Hidup dalam iklim tropis adalah surga buat saya. Hanya saja tak betul-betul berada di surga kalau rumah masih ngontrak. Ini menjadi motivasi saya untuk bisa memiliki rumah seperti yang saya inginkan. 


Properti
Rumah impian (sumber: canva)

Beberapa kategori rumah yang ingin saya miliki adalah: 

  1. Lokasi hijau, dalam hal ini tentu berada di perkampungan bila perlu strategis dekat ke kota juga ke desa
  2. Tersedia energi yang cukup. Dalam hal ini adalah kelistrikan baik PLN, PLTS ataupun sumber daya listrik lain yang memungkinkan
  3. Tersedia jaringan internet yang cukup, dalam hal ini sebisa mungkin tetap terhubung dengan dunia virtual
  4. Mampu menerapkan home sustainable sesederhana mungkin


Bagaimana menurut kalian? Hidup off grid atau on grid? Rumah itu adalah pilihan sebagaimana kita memilih tempat berlabuh dan bersarang dan menghidupi kehidupan dengan berbagai manfaat. Kelak kita akan mewujudkannya seperti yang kita harapkan. Doakan ya… heh, ini sudah out of focus nih. Ya sudah, pakai Mortgage Calculator untuk kalkulasi nilai properti ya…




You Might Also Like

1 komentar

  1. Setuju, rumah kecil itu lebih nyaman, karena yang penting adalah lingkungan bukan hanya bentuk bangunannya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!