#BukabukaanResep Menu Spesial di Bulan Ramadhan

Juli 01, 2018


Bulan puasa itu banyak enaknya. Semua hubungan yang terkait emosional sering terjadi. Sebab bulan puasa merupakan bulan yang memang paling di nanti bagi umat Islam. Didalam bulan puasa umat Islam menempa dirinya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Bukan hanya soal perbaikan di dalam hati, persoalan budaya dan keseharian juga berbeda dengan hari-hari biasanya. Seperti halnya soal masakan untuk dihidangkan saat setelah berbuka puasa. Nah tentunya saya dan keluarga juga memiliki sesuatu yang menarik soal satu ini.

Tak seperti di hari lain, di Bulan Puasa ini kami sekeluarga hanya memasak makanan sekali saja. Ya karena di siang hari berpuasa tentunya. Dan kami menyajikan hidangan hanya menu saat berbuka dan menu sahur saja. Dan seringnya makanan berbuka dan bersahur menunya sama. :)

Nah menu yang paling spesial adalah menu berikut ini. Memang tidak disiapkan secara khusus. Namun dikarenakan juga kesempatan dan waktu yang sangat sering tidak memberikan kesempatan kami untuk berbelanja ke pasar. Untungnya ada HappyFresh. Tempat berbelanja online dengan personal shopper yang bisa melayani dengan baik. Sudah beberapa kali saya menggantikan istri untuk berbelanja. Sebab harus saling mengisi thoo... Dann HappyFresh sangat membantu saya, seperti seorang yang sudah sering berbelanja saja. :)

Tidak seperti perempuan saat berbelanja memang. Tapi memang selera laki-laki itu berbeda ahaha. Dengan segala kemampuan dan mengikuti selera akhirnya yang dipilih adalah seperti berikut:

1. Ikan Kakap Merah 2 kg
2. Susu Full Cream UHT 3 pack
3. Cabe Merah 2kg
4. Bawang merah 1kg
5. Bawang Putih 1kg
6. 1 ekor ayam
7. Minyak Goreng 2L
8. dll semua dalam hitungan 1kilo :)

Karena saking inginnya sang istri tercukupi kebutuhan memasaknya. Makanya belinya banyak-banyak sekalian buat stock juga sih. Etapi saya juga suka memasak lhoo...terkadang memang, tapi asyik juga lho kalo masak itu.



Ramadhan tahun ini saya memasak menu spesial untuk buka bersama keluarga. Jadi ceritanya saya mau #BukabukaanResep ala saya, yakni Kakap Tauco. Bahan-bahannya mudah didapat tinggal order pakai HappyFresh.

Nah pasti udah gak sabar, bagaimana memasak Kakap Tauco, menu spesial bulan puasa saya. Begini cara memasaknya:

Pertama, Bersihkan ikan seperti biasa, lalu potong-potong sesuai selera saja. Goreng hingga matang, lalu tiriskan.

Lalu siapkan bumbu masaknya. Iris bawang putih dan bawang merah sedikit. Juga cabe hijau, jahe dan tomat. Jangan lupa siapkan tauconya dan sedikit daun salam.

Kemudian, mulailah memasak bumbu yang sudah disiapkan tadi. Siapkan wajan dengan sedikit minyak goreng tumis bawang putih, lalu masukan bawang merah. Tumis hingga harum. Masukan jahe yang sudah dikeprak.

Kemudian lanjut, masukan tauco secukupnya, tambahkan cabe hijau yang sudah di iris atau sesuai selera. Tambahkan juga daum salam dan jika selera juga sedikut batang serai. Tambahkan air secukupnya.

Biarkan sebentar setelah keluar desis gelembung, masukan ikan kakap yang sudah di goreng tadi. Setelah ini mari tunggu sebentar. Untuk mendapat rasa gurih, tambahkan gula secukupnya. Jangan tambahkan garam, sebab tauconya sudah asin. Tambah kan tomat yang di iris.

Kalau sekira bumbu tadi sudah tercampur dan meresap dalam ikan. Angkat dan hidangkan.

Kakap Tauco siap disantap. Selamat mencoba yaaa...

Demikian,
Salam.




You Might Also Like

1 komentar

  1. Ini sering dimasak ama mamaku :D. Kalo di Tapanuli, lbh spesifik di Sibolga, ikan di tauco itu sering dimasak sehari2 :D. Apalagi kampungku daerah pesisir. Jd ikan melimpah. Trus anyak yg suka pedes,jadilah tauco nYa dibikin pedeees banget :D. Favoritku banget itu mas. Skr ga prnh makan ini lg. Palingan pas aku pulkam, baru deh minta mama bikinin

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!