Pengolahan Air Danau Toba untuk Memenuhi Kebutuhan Air Bersih

Mei 15, 2018

Danau Toba
Duh pernahkah kalian melihat luasnya Danau Toba? Saya sudah beberapa kali kesana dan selalu takjub akan pemandangan yang indah dan cantik. Selalu saja lupa kalau saat berdiri di sisi atau sedang di atas perahu bukan sedang berada di danau melainkan seperti berada di samudra laut yang luas.

Air adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua manusia di jagad raya ini. Air menjadi sumber daya yang tiada henti mendukung seluruh bagian sistem ekologi alam. Terlebih jika sumber daya air tersebut berlimpah dan tersedia sangat besar. 

Kisah yang membentuk Danau Toba pun semakin membuat pikiran ini sebagai manusia menjadi kecil. Diri ini menjadi sebutir air yang jatuh lalu menghilang terpapar matahari. Tak ada artinya di banding karya Tuhan membuat Danau Toba.  

Suatu pagi di Danau Toba

Danau Toba yang memiliki kisah legenda yang sangat arif dalam membentuk karakter masyarakatnya. Menjadi harapan untuk supaya air Danau Toba menjadi manfaat yang menunjang keberlangsungan hidup masyarakatnya. 

Meski upaya memanfaatkan sumber daya air Danau Toba bukan pekerjaan mudah. Meski juga teknologi sudah berkembang pesat. Namun pemanfaatannya juga memerlukan elemen-elemen masyarakat lainnya.

Dan masih banyak hal yang memiliki keterkaitan agar peran serta seluruh upaya pemenuhan kebutuhan air bersih untuk masyarakat. Dilema yang sebetulnya bisa dijawab apabila segala pihak mau bahu membahu membangun kesadaran bersama menjadi diatas segalanya

Di era saat ini meski teknologi digital telah begitu pesat dan bersanding dengan kehidupan sehari-hari, ternyata masih ada juga masyarakat yang memerlukan air bersih. Bukan karena tak ada sumber airnya. Melainkan tak ada upaya sungguh keberdayaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi alat yang membantu proses pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. 

Persoalan ini terdapat di bagian manapun didunia ini. Namun tak sedikit yang sudah berhasil memanfaatkan teknologi dalam menjawab kebutuhan masyarakat akan air bersih. Disini kebersamaan Masyarakat dengan program pemerintah dan peran swasta menjadi penting. 

Masyarakat Dusun Tiga Baru dan Dusun Sait Borno - Nagori Tambun Raya Pematang Sidamik kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Sudah lama mengambil air dari sumber mata air yang tersedia. Namun sering terkendala keringnya mata air di saat kemarau. Dan letak sumber mata air yang jauh dari pemukiman.
Potensi air Danau Toba selain sebagai obyek wisata
Tidak salah ada anggapan air yang terdapat dari sumber mata air adalah air yang sangat bersih dan baik. Namun juga tidak salah apabila ada teknologi yang mampu mengubah air Danau Toba menjadi sumber air yang dapat di olah menjadi sumber air yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat sekitarnya. Kedua nya penting dan sama-sama menjawab kebutuhan masyarakat. 

Melalui teknologi Ultra Filtration Water Treatment yang dibuat mengikuti pola saringan air alami yang ada dalam susunan lapisan tanah akan menjadi alat yang dapat mengubah air menjadi lebih higienis dan bersih dan sangat layak untuk di konsumsi langsung.

Meski begitu perawatan secara periodik juga harus menjadi perhatian khusus. Sebab fungsi teknologi yang juga berkesinambungan membawa manfaat untuk masyarakat harus terpelihara dengan baik. Untuk itu semua pihak mesti turut merawatnya bersama-sama. 

Keberhasilan suatu penerapan teknologi demi membantu kehidupan masyarakat adalah sesuatu yang dibutuhkan peran serta semua pihak. Semoga atas ketersediaan fasilitas tersebut dapat menjadi solusi akan ketersediaan air bersih yang lebih baik.

Kesadaran untuk memelihara atas upaya ini harus dipupuk melalui kegiatan-kegiatan yang mampu memberi efek edukasi yang panjang. terutama bagi generasi selanjutnya. Atas upaya yang saat ini sudah menjadi hasil yang baik dan agar menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Keindahan Danau Toba semakin cantik dan bermanfaat lebih bagi kehidupan masyarakatnya. Air danau yang termanfaatkan bagi kebutuhan hidup semakin membawa kehidupan menjadi lebih baik.

Demikian
Salam. 









You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!