Foto Macro: Soal Hobby dan Pengamatan seorang Blogger

Maret 11, 2019

Peristiwa semut bekerja

Hai manteman, lama sudah saya tak menulis untuk posting blog. Sudah dua bulan kurang lebih kira-kira saya tak menulis blog. Rindu juga menarikan jemari untuk menyusun huruf demi huruf disini.

Rindu? Ehe, ketahuan yaaa suka "bercinta" dengan qwerty ihihi. Ya begitulah saya mengakan ini sebagai kerinduan menarikan jempol menulis melalui hape. Nah inilhah hasilnya... Selamat menyimak.

Selama dua bulan tak menulis blog ngapain aja? Saya memang memiliki kesukaan lain selain menulis blog, yaitu memotret. Fotography juga yang mendukung tulisan saya selama ini di blog. Entah mengapa foto memiliki kecenderungan yang ingin saya lakukan berkali-kali. Semacam hobby.

Selain memotret liputan untuk blog saya juga suka memotret foto macro. Apa itu? Foto macro atau sering di sebut macro photography adalah teknik memotret foto dengan pembesaran lensa untuk menangkap gambar dengan objek yang kecil. Pembesaran lensa disini maksudnya bukan lensanya yang di besarkan, namun kemampuan lensa dengan jarak tertentu untuk dapat lebih menangkap gambar berukuran kecil. Tetapi juga tak sekecil plankton yaa.. tetapi semisal sebesar lalat dan sejenis serangga lainya.

Ketertarikan saya untuk mengabadikan makhluk kecil ini kedalam sebuah foto terpicu oleh buku-buku ensiklopedia yang pernah saya lihat. Buku itu memperlihatkan foto-foto makhluk kecil itu dengan jelasnya. Padahal dalam kehidupan nyata sepintas lalu tak akan terlihat.

Semisal bunga rumput dan embun pagi hari. Bagi saya mereka semua makhluk yang luar biasa manfaatnya yang jarang banget orang mau memikirkannya. Seperti bunga rumput misalnya seringkali bahkan sudah menjadi kelaziman bahwa rumput harus di basmi. Harus di cabut di bersih kan dari halaman rumah. 

Menarikkah? Tak ada satupun orang di jalanan akan tertarik mengamati rumput yang bertebaran itu. Jika mungkin ada pastilah jumlahnya tak lebih hanya 1 orang diantara 1000 orang lainnya. 

Saya mungkin saja hanya seorang itu, yang sibuk mengamati untuk di foto. Meski setelah saya masuk ke jejaring para penyuka macro photography di Indonesia saja sudah sangat banyak bertebaran. Hampir di tiap kota ada.

Etapi gak mesti ke jalanan juga kali yaa.. Disekitar rumah juga banyak banget obyek foto makro. Seperti foto yang saya pajang disini. Semua saya jepret di rumah, di halaman dan dan sekitar rumah saja. 

Nah diantara para macro photographer itu saya hanya baru pengikut saja. Mencoba seperti mereka hasil fotonya. Nah langsung aja deh photo-poto ini saya hadirkan yaa..

Lalat 

Bunga Ciplukan

Daun tergantung di seutas jaring laba-laba


Semut bekerja

Kupu-kupu #1

Kupu-kupu #2

Beberapa hasil poto yang saya dapatkan saat ini menggunakan kamera canon eos m3. Dengan lensa Sigma 70-300 DG Macro. 

Banyak hal menarik yang saya alami saat eksekusi motret makro. Ada banyak hal juga pengalaman yang buat saya cukup menyentuh perasaan dengan menyelami makna kalimat "Belajar kepada Alam" 

Namun hal tersebut sangat sulit diungkapkan. Namun tak jarang saya menemukan filosofi hidup dari hasil foto makro. Hal itu sering menjadi caption photo dalam timeline akun sosmed yang saya miliki. Biasanya saya aplod di facebook atau insagram. Lengkapnya kepoin ajadeh akun sosmed saya yaaa...🙏.

Segini dulu aja yaa...nanti saya usahakan saya rajin-rajin kan untuk di pajang di blog hasil motret makro nya.

Demikian,
Salam.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!