Langsung ke konten utama

Memperingati Hari Osteoporosis Nasional 2016 Cintai Tulangmu Demi Masa Depanmu


Minggu 30 Oktober lalu saya dan beberapa teman blogger mengikuti Senam Bersama di Taman Kota 2 BSD, Tangerang. Senam Bersama ini diadakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) dan Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (PERWATUSI) dalam rangka memperingati Hari Ostoporosis Nasional 2016 yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober. Kegitatan Senam Bersama kali ini banyak dihadiri oleh peserta dengan kisaran usia 50 tahunan ke atas, tapi ada juga beberapa peserta dengan rentang usia di bawah 50 tahun. Bagi peserta yang masih muda saya acungin jempol deh, karena masih muda sudah peduli kesehatan.

dr. Alberta Claudia - pemandu acara

Tema Hari Osteopororsis Nasional 2016 adalah "Cintai Tulangmu Demi Masa Depanmu". Ya, rawatlah tulang kita sebelum terlambat. Perhatikan kebutuhan kalsium dan fosfor untuk tubuh, Karena ini merupakan nutrisi paling penting untuk tulang. Selain itu berolah raga teratur juga dapat membantu mengembalikan massa tulang.


Osteoporosis adalah kondisi dimana menurunnya kualitas tulang, tulang yang awalnya padat lama kelamaan mengalami pengeroposan. Dr. Fidiansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa menurut data yang dikumpulkan Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), sekitar 23 persen perempuan Indonesia sudah mengalami osteoporosis ketika mereka memasuki usia 50 tahun. Jumlah ini naik menjadi 53 persen ketika perempuan memasuki  usia 70 tahun. Memang wanita sangat rentan dengan osteoporosis dibanding laki-laki, para wanita berisiko lebih besar terkena osteoporosis. Ini karena massa tulang pada wanita cepat hilang karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada saat menopouse.


Selain itu osteoporosis juga terjadi apabila proses pengeluaran dan penyerapan kalsium tidak seimbang, lebih banyak kalsium yang keluar dari pada yang diserap. Asupan kalsium sangat diperlukan. Kalsium bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran hijau dan buah, sereal gandum, jus buah yang kaya kalsium juga susu.


Selain kalsium, vitamin D juga diperlukan, fungsi vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium pada tulang. Meskipun kita sudah mendapat asupan kalsium tapi kalau tidak terserap dengan baik, maka kalsium akan terbuang sia-sia. Sering-sering berjemur untuk mendapatkan paparan sinar matahari pagi uajr dr. Fidi.


dr. Lily S Sulistyowati, MM Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) menjelaskan bahwa menerapkan pola hidup sehat memegang peranan penting. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi, konsumsi minuman bersoda dan alkohol, kurang istirahat bisa mencegah proses penyerapan kalsium. Untuk itu mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat.

dr. Claudia, dr. Lily dan dr. Fidiansyah ( urutan 3-4-5 dari kiri)

Komentar

  1. senang lihat ibu-ibu yang semangat mengikuti senam, gerakannya juga gampang diikuti apalagi sambil senam ada yang ikut menyanyikan lagu pengiring senamnya..ahhh jadi seru :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Seperti Apakah Kaca Film Terbaik Untuk Mobil ?

Memiliki kendaraan tentu belum lengkap rasanya ketika belum memiliki aksesori sebagai penunjang performa kendaraan agar sejiwa dengan pemiliknya. Seperti halnya pada kaca film yang ingin di pasang pada kaca mobil. Pandangan yang nyaman pada mata kita tentu memiliki batasan saat menyetir kendaraan maupun mata penumpang saat melihat keluar. Nah jendela yang nyaman dan baik seperti apa? Agar kenyamanan saat berkendara dapat kita rasakan.

Tentu sebagian pemilik kendaraan sudah mafhum dengan kaca film. Namun seringkali terkendala dengan pengetahuan seperti apa kaca film yang baik dan bagus untuk kendaraanya. Untuk itu saya ingin membagi pengalaman saya saat mengikuti satu rangkaian acara yang di selenggarakan oleh mobil123.com bersama Vkool Indonesia. Pada hari Rabu 26 Juli 2017, bertempat di V-KOOL Flagship Outlet Jl. Trembesi The Central 88 no.817 Kemayoran, Jakarta Utara. Bersama ibu Monita Cherline selaku Promotion dan Adv. Manager V-KOOL.

Mobil123.com portal otomotif no.1 memang raj…