Langsung ke konten utama

Drama Musikal Jejak Langkah Negeri Khatulistiwa


Sebuah pertunjukan Drama Musikal memang sangat jarang sekali di adakan. Terutama pada tema Kepahlawanan sejarah bangsa ini. Menonton pertunjukan Drama dalam gedung theater juga belum menjadi tradisi yang umum dilakukan oleh sebagian masyarakat kita. Maka menonton pertunjukan drama dalam gedung theater adalah anugerah. Seperti saya yang mendapat kesempatan nonton Drama Musikal Khatulistiwa yang digelar 18 November  2016 kemarin. Drama Musikal yang dibuat ini selain untuk memaknai Hari Pahlawan juga untuk memberi edukasi kepada generasi-generasi penerus untuk mengingat sejarah dan mengetahui sejarah bangsanya serta pahlawan-pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa.


Drama Musikal Khatulistiwa dikemas sangat menarik dan kekinian, ini terbukti dengan antusias penonton baik dewasa maupun anak-anak. Penonton tidak dibuat bosan, dan tetap memberikan sentuhan pertunjukan yang "anak" tetap bisa menonton film yang durasinya lumayan panjang, pasti cepat bosan. Tapi Musikal Khatulistiwa membuat penonton jadi penasaran menunggu akhir cerita perang. Alur yang terpelihara selama durasi panjang membuat penonton asik menikmati pertunjukan. Keberhasilan sutradara dan seluruh tim yang bekerja sepenuh hati dan dedikasi mempersembahkan pertunjukan sebuah Drama Musikal. Menyatukan fragmen demi fragmen dari beberapa cerita pahlwan yang ada di negeri ini.


Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan para pahlawan dari Sabang sampai Merauke. Diantaranya Cut Nyak Dien pejuang wanita Aceh yang cukup lama memimpin peperangan. Belanda paling sulit menaklukan Aceh. Cut Nyak Dien melawan Belanda dengan cara bergerilya di hutan-hutan Aceh. Pejuang wanita lain ada Martha Christina Tiahahu. Semasa berjuang usianya masih muda, dia ikut serta dalam perang Pattimura, setelah sang ayah tewas di tangan Belanda, ia melanjutkan perjuangan dengan cara bergerilya. Dan banyak cerita perjuangan pahlawan lain yang diceritakan seperti Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, HOS Cokroaminoto, Sisingamangaraja dan I Ketut Jelantik. Sang sutradara Aji NA berhasil membangkitkan nasionalisme penonton Drama Musikal Khatulistiwa. Membakar dada anak negeri ini.


Untuk masyarakat yang tidak bisa menyaksikan Drama Musikal Khatukistiwa ini secara langsung jangan khawatir, Sun Life Financial Indonesia dan CIMB Niaga akan membagi-bagikan 5000 kepingan CD ke sekolah-sekolah di seluruh Nusantara dengan tujuan agar anak-anak bisa menonton dan tau sejarah perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Indonesia. Selain itu anak-anak juga dapat memaknai Hari Pahlawan bahwa banyak cara untuk menjadi pahlawan.


Sukses nya pagelaran Drama Musikal Khatulistiwa karena dukungan para sponsor, salah satunya Sun Life Financial Indonesia. Sun Life adalah perusahaan keuangan terkemuka di dunia. Bentuk dukungan Sun Life Financial Indonesia lainnya dengan dibuatnya video competition #AksiDariHati, dimana peserta membuat video dan menceritakan apa aksi yang sudah dilakukan untuk orang banyak dan bagaimana arti pahlawan menurut para peserta. Setelah video dibuat lalu di submit ke microsite musikal khatulistiwa dan share di sosial media dan mention akun sosial media Sun Life Financial Indonesia. Nah, kemarin sebelum Drama Musikal Khatulistiwa dimulai, diumumkan pemenang video competitiom #AksiDariHati dan dibagikan hadiahnya.
 

Banyak cara menyampaikan spirit keindonesiaan setiap insan Indonesia. Salah satunya melalui sebuah pertunjukan Drama Musikal. Ya, hanya salah satu cara. Sejatinya setiap orang indonesia harus bisa menjadi Indonesia dengan segala latar belakang keIndonesiaanya. Menonton Drama Musikal Khatulistiwa ini telah membuat saya membawa “pulang” nilai-nilai fundamental perjuangan dari fragmen-fragmen perjuangan para pahlawan yang di pertontonkan. Bagaimana sebuah nilai-nilai dasar sebagai seorang pejuang yang ingin mendapatkan kemerdekaan nya sebagai bangsa yang damai, tentram dan berkecerdasan.
Sampai jumpa di pertunjukan berikutnya!
Salam .


Komentar

  1. foto nya jelas dan bagus bangettt... aku suka yg Ki Hajar Dewantara

    BalasHapus
  2. Tidak mudah memang menyatukan banyak cerita dalam satu pertunjukan seperti ini. Keren memang nih acaranya :)

    BalasHapus
  3. Aku sempet nangis terbawa suasana menyaksikan beberapa adegan... Akting pemain dan tata letak panggung memang dibuat ciamik banget, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya gak bisa nangis mbak, soalnya kalo nangis, nagisnya gegoakan hihihi 😊, terimakasih sudah berkunjung ya mbak

      Hapus
  4. Suka banget dengan pementasan ini, foto2nya bisa dekat gitu, mas. Bagus.
    Jadi suka dengan drama musikal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Foto-fotonya saya edit 10% menaikan contrast + croping untuk mendapatkan framing yang baik...terimakasih apresiasinya mbak ☺

      Hapus
  5. Sempat penasaran gimana alurnya bisa bagus dan runut gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal bukan hal mudah di garap ya , pertunjukan drama musikal kek khatulistiwa ini ya kaka ☺

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Seperti Apakah Kaca Film Terbaik Untuk Mobil ?

Memiliki kendaraan tentu belum lengkap rasanya ketika belum memiliki aksesori sebagai penunjang performa kendaraan agar sejiwa dengan pemiliknya. Seperti halnya pada kaca film yang ingin di pasang pada kaca mobil. Pandangan yang nyaman pada mata kita tentu memiliki batasan saat menyetir kendaraan maupun mata penumpang saat melihat keluar. Nah jendela yang nyaman dan baik seperti apa? Agar kenyamanan saat berkendara dapat kita rasakan.

Tentu sebagian pemilik kendaraan sudah mafhum dengan kaca film. Namun seringkali terkendala dengan pengetahuan seperti apa kaca film yang baik dan bagus untuk kendaraanya. Untuk itu saya ingin membagi pengalaman saya saat mengikuti satu rangkaian acara yang di selenggarakan oleh mobil123.com bersama Vkool Indonesia. Pada hari Rabu 26 Juli 2017, bertempat di V-KOOL Flagship Outlet Jl. Trembesi The Central 88 no.817 Kemayoran, Jakarta Utara. Bersama ibu Monita Cherline selaku Promotion dan Adv. Manager V-KOOL.

Mobil123.com portal otomotif no.1 memang raj…