Review Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika

Desember 18, 2015

Film seperti karya seni yang lain pada akhir cerita membutuhkan pesan yang ingin disampaikan. Setelah menyaksikan Film Bulan Terbelah di Langit Amerika pada tanggal 15 Desember kemarin di Epicentrum XXI Kuningan saya cukup menikmati film ini dari awal hingga akhir hingga saya ingin menuliskan beberapa hal tentunya dengan parameter saya sebagai penikmat film.

Apakah fim selalu membutuhkan dramaturgi ? Sebuah film jika tanpa drama tentu tidak akan menghasilkan suatu fim yang membawa bobot emosional penonton yang terhubung ke dalam cerita film. Sebesar apa dramaturgi itu? Tentu porsi penonton akan membutuhkan ukuran yang berbeda-beda. Jika ditanyakan ke saya seberapa besar porsinya tentu film ini memberikan porsi yang sangat besar bagi dramaturgi yang dibangun dalam cerita film ini. Nampak sekali dalam alur cerita konflik dibangun seperti secara kebetulan bahwa seluruh peran saling berhubungan satu dengan yang lain meskipun diametral. 

Seorang apresiator memiliki luasan perspektifnya masing-masing terhadap cerita film. Sekian ratus atau sekian ribu penonton yang menyaksikan film tentunya akan membawa perspektif yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Bagi saya banyak hal yang menarik yang saya ambil dari film ini. Suspensi yang muncul dalam benak dan isi kepala saya terletak pada sebuah pertanyaan "Apakah Dunia Akan Lebih Baik Tanpa Islam" dan serentetan pertanyaan-pertanyaan lain "apakah islam itu teroris?", "mengapa manusia mudah terpecah belah oleh propaganda?",  "why bad news is good news?". Terlepas (mungkin) saya terlalu larut dalam menikmati film ini.

Mungkin saya bukan penikmat (apresiator) film yang baik, namun beberapa tulisan review tentang film ini menyatakan bahwa film ini cukup layak untuk ditonton saya juga merasa demikian sungguh memang layak film ini untuk ditonton. Mengenai hal-hal yang sifatnya pemilihan aktor,aktris,setting tempat dan hal lain dalam pembuatan sebuah film tentunya tim produksi sudah memberikan yang terbaik bagi proses pembuatan karya film ini. Jika fim ini harus di eksplore lagi lebih bagus mengenai efek gambar dan dibuat agak bertele-tele sedikit agar tidak hanya menguras airmata saja tapi masuk kedalam cerita yang logic dan kuat suspensi nya.

Salam Film Indonesia...

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!