Terang Bulan Sepanjang Malam di Kampung Sawah KBA Lengkong Kulon 

Agustus 09, 2023

KBA Lengkong Kulon
Warga menyiram tanaman di Kebun Komunitas KBA Lengkong Kulon Kampung Sawah. (Sumber: Pak Deni)
 

Dari luasnya wilayah Kabupaten Tangerang ada sebuah kampung kecil yang berada di tengah-tengah pemukiman mewah. Kampung itu bernama Kampung Sawah yang  berada di Desa Lengkong Kulon Kecamatan Pagedangan,  Kabupaten Tangerang. Kampung Sawah saat ini persis berada di tengah kawasan pemukiman mewah yang terus melesat pertumbuhannya. Pemukiman mewah ini juga kini menyatu dengan Kampung Sawah sebagai wilayah lama sebelum ada pengembangan hunian Bumi Serpong Damai. Dan kini letaknya berada menyempil diantara bangunan mewah kawasan BSD yang terus memancarkan cahaya mukiman yang terus bertambah benderang dengan cahaya meski di tengah malam. Namun begitu Kampung Sawah sampai saat ini masih merasakan terang bulan di malam purnama. Karena menjadi salah satu Kampung Berseri Astra dengan predikat Kampung Berseri Astra Utama. 


Kampung Sawah adalah tempat dimana area persisnya KBA Lengkong Kulon bergeliat menjadi kampung dengan berbagai aktivitas yang mengimplementasikan program Corporate Social Responsibility Astra. Dengan keberhasilan  mengimplementasikan 4 pilar program CSR Astra dari 5 pilar yang ada. Empat pilar yang berhasil di implementasikan itu adalah Pilar Lingkungan, Pilar Pendidikan, Pilar Kewirausahaan dan Pilar Kesehatan. Semoga di tahun-tahun berikutnya KBA Lengkong Kulon mampu meraih 1 pilar terakhir yaitu Pilar Teknologi, sehingga mampu meraih pencapaian sebagai KBA Kencana. Program CSR KBA menerapkan strategi peringkat pencapaian dengan keberhasilan mampu mengimplementasikan 5 pilar dengan memberi reward KBA dengan pencapaian 1. KBA Prayama (1 pilar) 2. KBA Madya (2 pilar) 3. KBA Nindya (3 pilar) 4. KBA Utama (4 pilar) dan 5. KBA Kencana (5 pilar).


Workshop Sabilulungan KBA Lengkong Kulon Kp. Sawah. (Sumber: www.tutyqueen.com)

Kampung Berseri Astra
Kampung Berseri Astra (sumber: Astra)

KBA Lengkong Kulon
Sodet hasil kreativitas Workshop Sabilulungan KBA Lengkong Kulon Kp. Sawah (sumber: www.tutyqueen.com) 
KBA Lengkong Kulon
Pak Juna Anak Muda Kreatif di LBA Lengkong Kulon Kp. Sawah (sumber: www.tutyqueen.com)


Tidaklah mudah mewujudkan keberhasilan menjadi Kampung Berseri Astra. Hal ini diungkapkan oleh beberapa orang yang saya jumpai di Kampung Sawah. Sebut saja Pak Haji Beni, Pak Juna dan Pak Deni. Ketiga orang ini berbincang penuh sahaja bersama saya di sebuah saung bernama Sabilulungan. Sambil menyeruput kopi dan sesekali mengerjakan perawatan pada tanaman di kebun komunitas warga Kampung Sawah. Saung Sabilulungan ini adalah upaya menerapkan 1 pilar KBA yaitu Lingkungan. Sambil seruput kopi dan menyiram tanaman Pak Haji Beni seolah menjelaskan sebuah sikap militansi mengambil peran aktif dalam perubahan lingkungan. 


Lingkungan kampung Sawah di Desa Lengkong Kulon kini berhadapan dengan derasnya arus perubahan. Terhadap lingkungan, sosial, perubahan geografis juga perubahan iklim yang kini menjadi problematika yang terus hadir menjadi tantangan Kampung Sawah. Beruntung bahwa Kampung Sawah menjadi kampung penggerak di Desa Lengkong Kulon yang mendapat pendampingan secara serius oleh CSR Astra, dan membuat Kampung Sawah terus mengalami terang bulan sepanjang malam karena berbagai aktivitas yang memberikan manfaat kepada seluruh warga Kampung Sawah dan Desa Lengkong Kulon. 


KBA Lengkong Kulon
Pak Haji Beni Tokoh Masyarakat Kp. Sawah KBA Lengkong Kulon (sumber: www.tutyqueen.com)

KBA Lengkong Kulon
Garang golok, hasil kreativitas Workshop Sabilulungan KBA Lengkong Kulon (sumber: www.tutyqueen.com)

KBA Lengkong Kulon
Warga dan Aparat Desa Turut Bersama Merawat Kebun Komunitas Sabilulungan Kp. Sawah KBA Lengkong Kulon (sumber: Pak Deni Tokoh Masyarakat Kp. Sawah)


Berbagai aktivitas yang berhasil menerapkan 4 pilar KBA adalah wujud keseriusan warga Kampung Sawah untuk menjadikan lingkungannya menjadi lebih baik. 4 pilar itu diantaranya adalah: 


1. Pilar Lingkungan 

Warga Kampung Sawah membentuk sebuah Kebun Komunitas bernama Sabilulungan, upaya untuk bersama-sama mendukung gizi dengan kemandirian masyarakat. Juga menerapkan aktivitas proklim dalam lingkungan Kampung Sawah. 


2. Pilar Pendidikan 

Warga membuat gerobak pintar yang menyediakan buku bacaan dengan harapan mampu membuat anak-anak tertarik dengan  literasi dan edukasi. Juga mengadakan acara mendongeng untuk lebih memberikan kesadaran dan kepedulian akan edukasi. 


3. Pilar Kesehatan 

Gaya hidup sehat juga diperkenalkan dengan makanan organik dari kebun. Pola gizi seimbang, dan membuat program apresiasi ASI eksklusif bernama "Ibu Asiks". 


4. Pilar Kewirausahaan 

Sebuah upaya untuk keberlanjutan program melalui bisnis kolektif dengan membentuk koperasi Sareng Sehat. Terwujudnya Sareng Sehat sebagai koperasi merupakan integrasi kegiatan dari 4 pilar yang bersinergi. 


KBA Lengkong Kulon
Saung Sabilulungan Tempat Berdiskusi Warga di Kebun Komunitas Sabilulungan KBA Lengkong Kulon (sumber: Pak Deni Tokoh Masyarakat Kp. Sawah)

Menjadi terang bulan sepanjang malam merupakan aktivitas wargan Kampung Sawah yang terus bergeliat. Menjadi kampung yang penuh kegiatan bermanfaat mengisi waktu-waktu berharga setiap detiknya dengan kegiatan positif. Dukungan Astra memberikan dampak yang sangat berarti bagi masyarakat Desa Lengkong Kulon. Semangat kolektif dan gerakan kebersamaan menjaga dan merawat lingkungan menjadi lebih baik memiliki pendampingan yang sangat membantu. Meski hal ini tidaklah selalu mudah, berbagai tantangan dalam mewujudkan KBA selalu ada datang silih berganti. Terlebih saat terjadi wabah pandemi. Semua warga di KBA Lengkong Kulon pun mengalami tantangan berat untuk terus bergerak atau stagnan


Melalui wawancara singkat dalam telpon whatsapp saya menerima update dari Pak Deni, bahwa saat ini KBA Lengkong Kulon baru saja memulai kembali aktivitasnya setelah sempat sepi dengan sedikit kegiatan. Bukan berarti sama sekali tidak ada kegiatan. Hikmah yang terjadi setelah mendapat peringkat KBA Utama Kampung Sawah lebih mandiri dalam ketahanan pangan selama pandemi. Bahkan KBA Lengkong Kulon juga sempat berhasil menyuplai hasil kebun ke supermarket terdekat dari kebun hidroponik. Kampung Sawah juga aktif memberikan bantuan pangan kepada keluarga terdampak pandemi di Desa Lengkong Kulon. 


Geliat KBA Lengkong Kulon akan selalu menjadikan malam-malam yang dilalui warga Kampung Sawah selalu terang bulan. Saling asah silih asuh akan terus berlangsung menjadi gempita semangat dalam mewujudkan lingkungan yang terbaik seperti yang diharapkan Pak Haji Beni, Pak Juna dan Pak Deni yang kala itu sempat berbincang dengan saya. Bisa saya simpulkan bahwa dukungan CSR Astra bagi warga Kampung Sawah memiliki dua dampak baik dan buruk sekaligus. Satu sisi menjadi motivasi dan penyemangat, satu sisi lainnya adalah membuat "kemanjaan". Hal ini tentu menjadi persoalan berikutnya yang menjadi momok penerima bantuan CSR. Namun begitu program yang ada akan terus memberikan manfaat bagi siapapun yang ingin berubah. 


Kita paham betul bahwa Tuhan sendiri tidak akan merubah suatu kaum sebelum kaum itu merubah dirinya sendiri. Maka seiring sejalan rangkaian CSR Astra melalui Kampung Berseri Astra merupakan sebuah aksi yang mungkin saja memberi sedikit energi. Namun akan sangat besar artinya di masa yang akan datang. KBA Lengkong Kulon akan terus tercatat dalam Satu Indonesia yang menjadi bagian gerbong perubahan dari Astra untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab hasil akhir bagi agen sosial adalah kehidupan yang lebih baik dimulai dari terangnya bulan setiap malam tanpa purnama. Diskusi-diskusi kecil di kampung kecil oleh warga bersama warga lainnya adalah bulan yang terus menyala terang. Sedikit aksi dari warga masyarakat tentunya akan berarti banyak. Namun sebesar apapun yang dilakukan tentu tak berarti apa-apa. Kalimat terakhir ini ditujukan agar kita tak merasa jumawa dan tetap terus melangsungkan aksi-aksi kecil yang bermanfaat sebagai agen perubahan. 


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!