Goal Setting Millenial Mencapai Freedom Finansial

Desember 06, 2018

Gimmick Goal Setting Finansial oleh Ligwina Hananto

Kehidupan seseorang pada dasarnya sama saja baik yang hidup dalam milenial ataupun orang yang hidup sebelumnya. Hanya saja kecenderungan tiap jaman dan gaya hidup berbeda. Banyak orang yang telah hidup di masa sebelumnya memiliki pengalaman dan kehidupan berbeda, namun secara esensi kehidupan sama saja.

Menghadapi problem berbeda belum tentu memiliki substansi yang berbeda, apalagi menyoal keuangan. Bagi siapapun akan memiliki harapan dan kehidupan yang bebas dalam finansial. Artinya uang bukan lagi persoalan hidup yang utama.

Siapa sih yang gak mau hidupnya bebas dari tuntutan keuangan. Nyatanya keuangan selalu mengintai setiap saat dan selalu di butuhkan. Seperti halnya di jaman sekarang ini. Orang yang hidup saat ini adalah para milenial yang tentunya memiliki kesempatan lebih baik dalam mengelola keuangan mereka.

Seperti acara yang digelar oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE) bekerjasama dengan PT Narada Aset Manajemen ini. Sebuah acara dengan tema Tomorrow Today Fun(d) Festival. Melalui acara ini hendak mengajak para milenial lebh memahami pentingnya perencanaan finansial.

Acara ini pun dikemas dengan sangat menarik dengan memadukan musik dan art untuk menyentuh kalangan milenial lebih aware dengan perencanaan finansial mereka. Tersebab lacurnya masalah topik bahasan finansial yang "njelimet", acara ini hendak mengurangi "kejelimetanya" hehe.

Sambil lihat konser, maen gimmick-gimmick menarik dan kemanjaan setting arena yang instagramable untuk foto-foto paling tidak bisa memberi edukasi perencanaan finansial dengan menarik dan dapat mencuri interest milenial dalam bidang finansial ini.

Narasumber Press conferences  Tomorrow Today Fun(d) Festival 
Mervi Sumali sebagai Marketing Direktor SGE mengatakan, tidak dapat dipungkiri kalau milenial Indonesia kini sudah banyak yang sukses di usia muda. Baik sebagai pengusaha maupun sebagai karyawan. Seiring keberhasilan tersebut mereka pun rentan dengan gaya hidup yang tinggi seperti shopping, travelling dan hangout. Oleh karena itu penting banget untuk membekali diri dengan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak".

Mengetahui dan memahami perencanaan dan pengelolaan keuangan lebih baik untuk masa depan yang lebih baik salah satunya berinvestasi sejak dini. Berdasarkan data dari Bursa Efek Indonesia generasi milenial kini kuasai investasi di pasar modal. Dan partisipator investor perorangan di Indonesia paling rendah di kawasan Asia hanya 1% dari 260 juta warga Indonesia yang terdaftar sebagai investor saham.

Octavian Dondi
Oktavian Dondi sebagai Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen mengatakan, Investasi sebenarnya bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua orang termasuk para milenial. Para milenial belum banyak yang mengerti pentingnya investasi dan tidak tahu bagaimana cara memulai investasi. Padahal sangat mudah untuk memulai investasi. 

Salah satu bentuk investasi adalah reksadana yang dikelola oleh manajer investasi yang menjadi alternatif dan berinvestasi secara aman. Dan bisa dimulai dengan nominal yang terjangkau, melalui acara Tomorrow Today Fun(d) Festival inilah kemudahan berinvestasi di sosialisasikan. 
Tagline Narada Aset Manajemen
Paradigma berfikir bahwa investasi itu hanya milik orang kaya saja itu salah. Kesempatan semua orang sama untuk memiliki kesempatan berinvestasi dan menikmati hasil investasi. Affluent Customer masih menjadi dasar semua perusahaan investasi menjalankan bisnisnya. 

Dalam acara Tomorrow Today Fun(d) Festival setiap dari pembelian tiket senilai Rp 150.000 akan dikembalikan dalam bentuk  invetasi reksadana senilai Rp 100.000. Selama acara berlangsung edukasi dan pengenalan dalam kelas investasi oleh Narada Aset Manajemen dengan cara yang fun dan mudah dimengerti.

Ligwina Hananto
Ligwina Hananto sebagai Finansial Trainer & Founder QM Finansial mengatakan hal yang menjadi dasar untuk memulai investasi yaitu tetapkan tujuan keuangan (goal setting) dan setelah itu atur penghasilan dengan baik. 

Ada 3 hal agar keuangan tetap sehat:

  1. Biasakan catat pengeluaran. 
  2. Alokasikan uang untuk menabung 
  3. Menjaga cicilan agar maksimal 30% dari penghasilan bulanan


Untuk menabung dapat memperhatikan konsep berikut; minimal 10% dari penghasilan bulanan. Cicilan; maksimal 30% dari penghasilan bulanan. Pengeluaran rutin, pribadi maksimal 20% dari penghasilan bulanan. 

Buatlah rekening terpisah antara rekening pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan tertentu seperti dana darurat, dana pendidikan dan lain-lainnya.  Rekening reksadana adalah salah satu bentuk investasi yang di rekomendasikan untuk para milenial. Mudah dibeli dan mudah dicairkan, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai tujuan keuangan.  Dikelola secara profesional dan berbiaya relatif rendah serta diawasi oleh OJK. 

Wah milenials, yuk melek perencanaan keuangan supaya kehidupan lebih baik lagi kedepannya. Oiya acara Tomorrow Today Fun(d) Festival berlangsug hanya pada tanggal 1 Desember 2018 di  Senayan City Jakarta. Menghadirkan Hivi, Tulus dll, Art Instaltion oleh Stereoflo dan Sembilan Matahari. Menghadirkan pembicara Jovi Adiguna (Content Creator), Nicoline Patricia (Photographer), Kenny Santana (Travel Blogger), Ligwina Hananto (Financial Trainer) dan Agatha Suci (Musician).

Nah karena acaranya telah lewat tapi kamu masih bisa menikmati karya Art Instalation yang dipamerkan hingga 1 januari 2019. tentunya dengan membeli tiket terlebih dahulu melalui BookmyShow Indonesia seharga Rp 50K. 

Demikian
Salam
Narsis dikit aja yaaak :)


You Might Also Like

1 komentar

  1. Makin eksis dengan foto Instagramable.

    Freedom finance sangat di dambakan setiap orang.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!