Edukasi Literasi Sun Life Melalui Sitkom Keluarga Surya

Juni 02, 2018

Pemain Keluarga Surya, Kreator, dan Sun Life 

Hidup dan bekerja mencari uang adalah tujuan hampir semua orang. Setiap hari kesibukan orang di kota, didesa adalah mencukupi kebutuhan hidupnya. Tujuan utama nya adalah mencari uang. Ada yang bekerja, menekuni profesi, ada yang berdagang jual beli, bisnis wirausaha sendiri dan lain-lain.

Semua hanya sibuk bagaimana mendapat sumber pemasukan keuangan mereka. lalu apakah mereka juga memikirkan bagaimana mengelola keuangan yang mereka dapatkan? Tentunya mengatur keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari itu penting. Memenuhi biaya makan, pakaian dan rumah juga hal penting yang sangat wajib terpenuhi. Untuk itulah gunanya kita bersusah payah dengan segala daya berusaha mencari rejeki.

Semua orang disadari atau tidak sudah mengatur keuangan mereka namun seperti apa perencanaan keuangan yang baik dan cermat? Seringkali kebutuhan dasar yang sudah terpenuhi semuanya itu tak membuat satu hal penting di fikirkan dan dilakukan yaitu asuransi.

Tingkat pengetahuan masyarakat menyoal literasi keuangan masih begitu rendah. Literasi yang juga bukan sekedar mafhum dengan pengelolaan dan perencanaan keuangan. Melainkan kesadaran yang mewujud dalam bentuk nyata memenuhi satu pos keuangan untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Namun juga memenuhi mimpi seperti mengecap pendidikan tinggi, mendapat pelayanan kesehatan terbaik, dan kemapanan finansial

Pemain Keluarga Surya dan Nara Sumber Press Conference 

Indeks Literasi Asuransi Indonesia


Kalau melihat data statistik Indeks Literasi Asuransi di Indonesia masih menjadi tantangan dan potensi terbesar industri asuransi jiwa. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 menunjukan tingkat literasi "baik" pada industri asuransi relatif rendah. Indeks literasi asuransi hanya mencapai 15,76% turun dari survei 2013 yaitu 17,84%. Sementara tingkat utilitas mencapai 12,08% tidak berubah jauh dari surrvei 2013 di angka 11,81%. Yang artinya dari 100 orang Indonesia hanya 15 sampai 16 orang yang mengenal lembaga jasa keuangan asuransi dan hanya 12 orang yang sudah menggunakan jasa asuransi.  

Nah sebegitu rendahnya literasi perencanaan keuangan masyarakat Indonesia. Sehingga data statistik yang di tunjukan tersebut memerlukan suatu upaya agar masyarakat semakin tinggi akan literasi perencanaan keuanganya.  Untuk itu PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) tergerak untuk membantu pemerintah dengan kondisi tersebut.  Melalui Kampanye Komunikasi dengan tagar #LebihBaik Sekarang.

Kiri Shierly Ge, Kanan Elin Waty

Bukan hanya itu, untuk mendorong peningkatan literasi keuangan yang menyasar keluarga muda Indonesia, Sun Life Indonesia juga menghadirkan sebuah Sitkom (Komedi Situasi) dengan format video web series yang dapat di saksikan melalui kanal youtube yang dimiliki Sun Life Indonesia. Yaitu Sitkom Keluarga Surya yang saat ini sudah menayangkan seri kedua. 

Sitkom yang representatif dalam menggelitik keluarga muda Indonesia untuk lebih meningkatkan literasi keuangan mereka. Sitkom merupakan suatu genre sinema dengan gaya komedi. Sehingga dengan konsep sitkom ini diharapkan lebih dapat diterima oleh masyarakat tanpa terasa digurui atau seperti di tawarkan asuransi melalui agen asuransi.
  
Elin Waty

Hal ini di amini oleh Elin Waty sebagai Presiden Direktur Sun Life Finansial Indonesia, bahwa selama 23 tahun beroperasi di Indonesia telah mendampingi keluarga Indonesia dalam mewujudkan mimpi-mimpi di masa depan mereka. Melalui Kampanye dengan bentuk sitkom ini Elin Waty mengajak masyarakat untuk tidak menunda-nunda dalam perencanaan keuangan yang cermat untuk mencapai kemapanan finansial. 

"Saat pertama kali, terus kedua dan ketiga kalinya saya menonton sitkom Keluarga Surya, saya masih merasa Amaze dengan apa yang telah di lakukan oleh para creator sitcom web series Keluarga Surya ini", ungkap Elin Waty. Penyampaian tentang literasi keuangan nya begitu enteng dan renyah menyentuh keluarga muda Indonesia. Semoga saja edukasi lietrasi melalui sitkom ini dapat mendorong peningkatan yang baik bagi indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia. 

Sitkom Keluarga Surya


Episode perdana yang tayang pada 31 Mei 2018, Sitkom Keluarga Surya mengangkat tema seputar THR Lebaran yang saat ini juga sedang di alami oleh masyarakat Indonesia. Video web series ini mengisahkan tentang sebuah keluarga moderen dalam berbagai isu sehari-hari. Mulai dari pengelolaan THR, perencanaan pendidikan keluarga hingga pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Durasi video yang cukup pendek sekitar 5 menit setiap episodenya. Hingga nanti ada 8 episode kisah keluarga surya yang dapat dinikmati oleh keluarga muda Indonesia. 

Para pemain Keluarga Surya adalah 1. Edo Borne sebagai Ayah Surya, 2. Karina Nadila sebagai Ibu Mentari, 3. Bima Azriel sebagai Fajar dan 4. Sandrinna Michelle sebagai Cahaya. Keempat pemain ini adalah aktor dan aktris muda bertalenta. Keren-keren mainnya.

Prof. Dr. Paulus Wirutomo. M.Sc

Video web series Keluarga Surya ini menggambarkan bahwa sistem nilai yang individu akan menentukan sikap dan perilaku terhadap sesuatu, tak terkecuali dalam perencanaan finansial. Hal ini diungkapkan oleh Prof. Dr. Paulus Wirutomo. M.Sc, Sosiolog sekaligus guru besar Sosiologi Universitas Indonesia.  Terkait pengelolaan keuangan sikap dan perilaku yang diterapkan generasi saat ini belum bergerak jauh dari generasi sebelumnya. Meski terjadi pergeseran pada peruntukan dan tujuan dari perencanaan keuangan itu sendiri.

Shierly Ge

Jika dibandingkan generasi saat ini dengan generasi sebelumya, keluarga muda Indonesia cenderung senang untuk menabung untuk tujuan jangka pendek dan enggan untuk berinvestasi jangka panjang. Hal ini juga di sampaikan oleh Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Finansial Indonesia. Semoga saja kehadiran video web series bertajuk Keluarga Surya menjadi sarana edukasi literasi keuangan yang dapat dengan mudah diakses masyarakat luas dalam konten visual digital dan mengusung genre komedi situasi yang sarat akan makna. 

Berikut ini episode pertama sitkom Keluarga Surya. Selamat Menyaksikan....


Demikian
Salam.

Saya, ecek-eceknya sutradara





You Might Also Like

6 komentar

  1. Pak ecek-eceknya sutradara,
    saya termasuk pembeli setia asuransi jiwa loh .. biarpun abis itu uangnya habisssss ga bersisa, tapi minimal aman lah punya asuransi kesehatan dan tabungan pendidikan anak

    BalasHapus
  2. Cocok banget Mas Ono jadi sutradara. Ga sabar nunggu episode berikutnya dari sitkom ini deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. episode kedua udah tayang, hehehe

      Hapus
  3. Aku suka banget Keluarga Surya, isinya menyentil tapi jadi ngena banget dan jadi inget sebaiknya THr itu harus diapakan agar ga menyesal.

    BalasHapus
  4. Udh berkali-kali nonton keluarga surya tetep bikin ngakak.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!