Langsung ke konten utama

Macet dan Pembangunan MRT Jakarta

Macet adalah peristiwa yang sering dialami warga Jakarta. Bahkan macet menjadi semacam peristiwa yang sudah menjadi biasa saja. Jika di definisikan macet adalah suatu jejeran antrian kendaraan yang panjang. Atau bagi pengemudi kendaraan memiliki definisi kendaraan yang dikemudikannya mengalami kemandekan. Bukan di sebabkan mesin kendaraan yang bermasalah, melainkan kendaraanya tak bisa bergerak sebagaimana mestinya.




Mendefinisikan kembali apa itu macet, tentu seperti pekerjaan yang tak penting. Ngapain sih macet didefinisikan segala. Macet ya macet aja gitu, gak usah di definisikan. Gampang dan gak perlu pusing untuk memaknai kata macet.

Namun bagi saya kok masalah macet, atau kata macet itu sendiri kok perlu dilakukan semacam rekonstruksi pemikiran. Agar apa yang disebut macet itu bisa di uraikan secara gamblang mulai dari bahasa. Sehingga ketika mengatakan macet, saya sendiri faham dan mengerti betul, apa sesungguhnya macet itu. Penting gak sih, gak kan yeee...hehe. Ya sudahlah ketuk tab baru aja deh hehehe mending baca tulisan lain aja yang gak bikin pusing. Hahaha.

Macet juga berarti waktu tempuh menggunakan kendaraan semakin panjang, disebabkan kendaraan tidak bergerak sebagaimana mestinya. Sebab yang namanya kendaraan, baik itu mobil, motor, gerobak bahkan sepeda adalah alat transportasi yang di ciptakan manusia untuk memenuhi hasrat percepatan dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Jadi ya jika sudah naik mobil atau motor atau sepeda, lalu waktu tempuhnya menuju tujuannya malah lebih lama dari berjalan kaki maka hal tersebut merupakan sesuatu yang tak wajar. Alias macet. Begitulah kira-kira rekonstruksi macet dari pandangan saya sebagai blogger yang baru saja mengunjungi Halte Bundaran HI, MRT Jakarta.

Lho apa hubungannya yak, MRT dan macet yang perlu di rekonstruksi definisinya? Hehe ada deh.






Mas Rapid Transit atau disingkat MRT, begitulah istilah yang digunakan dalam pembangunan suatu fasilitas publik transportasi massal bagi warga Jakarta. Apakah memiliki hubungan dengan kemacetan di Jakarta? Nah mari kita jawab bersama. Hee masa saya jawab sendiri, Jakarta kan milik kite bareng-bareng yekan.

MRT Jakarta adalah sebuah solusi bagi kondisi kemacetan yang sudah menjadi hal biasa saja di Jakarta ini. Namun kehadiran MRT adalah sesuatu yang tidak biasa di Jakarta. Sebab MRT Jakarta di bangun tidak melewati jalur jalan raya yang sudah ada. Melainkan melewati jalur Under Ground alias bawah tanah.


Meski teknologi pembangunan jalur tranportasi dunia sudah di terapkan sejak berpuluh tahun lalu seperti membolongi gunung di China dan belahan lain dunia. Di Indonesia khususnya di Jakarta baru beberapa tahun ini menerapkannya melalui pembangunan jalur tunel / lorong bawah tanah. Melalui pembangunan MRT yang saat ini sedang memasuki Fase 1. Seperti gambar rencana jalur MRT Fase 1 dibawah ini.



Saya berkesempatan bisa mengunjungi stasiun Bundaran HI pada hari kamis 26 Oktober 2017 lalu. Beruntung menjadi salah satu yang dapat kesempatan melihat secara langsung. Tentu stasiun MRT yang sedang di bangun ini merupakan restrick area yang lumayan ketat dari public untuk dapat melihat proses pembangunannya dari dekat.

Saya tidak sendiri, teman-teman blogger yang lain dan kebetulan hanya berempat termasuk saya yang hari itu mendapat kesempatan adalah Mas Rahab Ganendra, Choirul Hoeda dan Teddy. Waktu yang dipersiapkan oleh pihak MRT juga tidak banyak. Hanya 20 menit saja untuk bisa masuk ke area stasiun. Dan kami bersama rombongan dari instansi terkait berjumlah lumayan banyak masuk MRT dan sebelumnya mengikuti arahan petunjuk keselamatan selama berada di lingkungan kerja.


Berikut foto yang dapat saya ambil suasana pembangunan MRT di stasiun Bundaran HI.













Komentar

  1. "Apakah memiliki hubungan dengan kemacetan di Jakarta? Nah mari kita jawab bersama. Hee masa saya jawab sendiri, Jakarta kan milik kite bareng-bareng yekan."

    yuuuhu, milik kita bersama ya mas, yang lain ngontrak :) hehehe

    sebagai warga DKI, saya berharap MRT Jakarta segera rampung supaya bisa bisa mengatasi kemacetan. sekaligus bangga, Jakarta punya MRT untuk bisa bersanding dengan kota-kota besar lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, Jakarta harus bisa bersanding dengan kemajuan kotakota besar lain di dunia, nah kota-kota lain yg di indonesia juga harus menyusul hehe

      Hapus
  2. Jadi nggak sabar pengen cepet2 nyoba MRT Jakarta ....

    Lebak Bulus -Bundaran HI cuma 30 menit, Jadi klo ada event seputar HI lebih cepet Heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mas, dari sekarang 18 bulan lagi baru bisa di nikmati. Jika semua lancar. Semoga saja ya om

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Potong Rambut di Kaizen

Sebelum mudik seperti biasa saya rapih-rapihin rambut, soalnya mau ketemu dan sungkeman dengan mertua. Kalau nggak rapi gimana gitu..udah setahun nggak ketemu. Tempat potong rambut langganan di Bonang di komplek tempat tinggal kebetulan lagi tutup, untungnya saya punya tempat potong rambut favorit di mall. Sambil nemanin istri belanja sekalian deh melipir ke KAIZEN buat potong rambut. Soal harga memang beda jauh sih dengan tempat potong rambut di komplek saya, tapi hasil potongnya sama-sama memuaskan.


Awalnya paling nggak suka potong rambut di mall. Sewaktu jalan ke mall bareng istri KAIZEN di mall Sumarecon Serpong baru saja buka. Dan pas banget rambut lagi gondrong, jadi lah istri maksain potong rambut di KAIZEN. Waktu baru buka harganya masih promo kalau nggak salah sekitar 25ribu. Setiap potong rambut selalu ditanyain mau model rambut kayak apa, kalau saya sih selalu bilang 1 senti, si mbaknya udah paham. Soalnya dari awal buka sudah beberapa kali potong rambut di KAIZEN Sumare…