Langsung ke konten utama

Asuransi Perjalanan Apakah Perlu?

Setiap kali kita melakukan perjalanan baik ke  dalam negeri atau keluar negeri pernahkah terfikir untuk membeli asuransi perjalanan? Nah bagi teman-teman yang suka dengan travelling atau sering bepergian mungkin pertanyaan tersebut bukan hal baru. Namun bagi orang yang hanya sesekali bepergian mungkin akan berfikir seperti ini. Apakah perlu?

Buat saya yang hanya sesekali melakukan perjalanan, pertanyaan tersebut terus bertengger di top list dari sederet daftar packing list hehe. Untuk menjawab pertanyaan ini secara kebetulan komunitas ISB mengundang saya ke acara talkshow Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan Yang Efektif.

Wah, tema talkshow bahkan sudah mendahului pertanyaan saya yang masih menimbang perlu dan tidak. Tapi tak mengapa saya jadi harus lebih belajar mengejar ketertinggalan saya. Aruba Resto di kawasan Pasaraya Grande Blok M menjadi tempat acara yang asik. Sekitar 20 orang peserta mengikuti talkshow ini. Ada dari travel blogger, lifestyle blogger, ekskutif muda dan media.

Indra Prabowo

Oiya, penyelenggara talkshow ini adalah kerjasama antara mobil123 portal otomotif no.1 di Indonesia dan MSIG Travel Insurance. Mobil123 memang selalu konsisten membuat event seperti ini untuk memberi edukasi apapun tak melulu soal otomotif. Nah kali ini MSIG Travel Insurance yang di dapuk menjadi narasumber untuk membahas bagaimana melakukan klaim asuransi perjalanan yang efektif. Dan seperti biasa Bapak Indra Prabowo mengawal talkshow dengan santun sahaja dan wibawa  hehe. Juga duduk berderet dua narsum dari MSIG Travel Insurance. Bapak Bernardus P Wanandi Vice President Director, dan Bapak Hendry Kurniawan General Manager Claim MSIG. 

Asuransi perjalanan sebagai jaminan perlindungan bagi orang yang melakukan perjalanan memiliki nilai yang sangat penting. Asuransi menjadi kebutuhan yang paling penting untuk mengcover sesuatu hal yang kita tidak harapkan terjadi pada diri kita sendiri selama dalam perjalanan. Memang kita tak menginginkan, berharap pun bahkan tak boleh. Karena kita pasti selalu berharap yang baik dan tak ingin terjadi sesuatu apa terjadi pada diri kita. Namun keadaan tak dapat kita duga selalu mengancam. Untuk itulah asuransi ada.

kiri-kanan: Indra Prabowo - Hendry Kurniawan -  Bernardus P Wanandi
Ketika kita sudah memahami hal tersebut banyak pilihan asuransi tersedia. Salah satunya MSIG Travel Insurance. Dahulu dikenal dengan nama PT Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia, beroperasi sejak Oktober 1975 dan bagian dari MS&AD Insurance Group. Kini telah 42 tahun tumbuh dan berkembang dari tahun ke tahun dan tentunya sangat memiliki tingkat kredibilitas tinggi di pasar asuransi indonesia.

Seperti halnya tingkat efektifitas dalam pengajuan klaim bagi pemilik polis. Tentunya seorang pemilik polis asuransi harus sudah aware dengan langkah efektif dalam pengajuan klaim asuransi. Sebab sebelum membeli asuransi pasti telah membaca dan mengetahui hal apa saja yang di cover dan tidak di cover oleh asuransi. Terlebih asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan memiliki spesifikasi tersendiri, MSIG Travel Insurance memiliki produk dan nilai bervariatif. Mulai dari harga polis senilai Rp 32K untuk jenis 1-3 hari leisure untuk Asia Pasifik. MSIG Travel Insurance belum memiliki produk untuk perjalanan domestik. Mereka hanya memiliki produk asuransi perjalanan internasional. Memahami produk asuransi perjalanan yang kita miliki tentu akan membuat kita aware dengan hal apa saja yang berkaitan untuk proses klaim jika keadaan tak terduga terjadi. Seperti berkas dan kontak di negara yang mengcover asuransi perjalanan kita. MSIG memiliki skema klaim yang tidak sulit. Sangat mudah dan memudahkan pemegang polis.

Beberapa Manfaat dan Santunan yang diberikan oleh MSIG Travel Insurance :

Ketidaknyamanan Dalam Perjalanan
  • Kehilangan bagasi dan keterlambatan bagasi
  • Penggantian kerugian akibat pembatalan travel, pengurangan perjalanan dan keterlambatan penerbangan
  • Kehilangan dokumen perjalanan dan paspor 
  • Biaya tambahan perjalanan pengganti / biaya penggantian tiket karena keterlambatan penerbangan  
  • Biaya pribadi dan pembelian darurat
  • Pembajakan 

Sakit dan Kecelakaan
  • Biaya medis pengobatan karena kecelakaan atau sakit
  • Pembayaran rawat inap secara cashless
  • Biaya evakuasi medis darurat dan repatriasi 
  • Biaya darurat untuk menemani keluarga yang sakit dalam perjalanan di luar negeri 
  • Biaya darurat perlindungan anak jika tertanggung dirawat di luar negeri 

Semoga kita semua sama-sama menyadari dan peduli betapa pentingnya asuransi untuk mengurangi risiko kerugian selama melakukan perjalanan.

Komentar

  1. Kekecewaan karena delay atau bagasi hilang lumayan lah terobati dengan memiliki travel insurance seperti MSIG. Belinya juga gampang via online.

    BalasHapus
  2. Perlu dong mas, masa gak perlu hehe 😀

    BalasHapus
  3. Pokoknya kalau keluar negeri wajib prepare travel insurance

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Seperti Apakah Kaca Film Terbaik Untuk Mobil ?

Memiliki kendaraan tentu belum lengkap rasanya ketika belum memiliki aksesori sebagai penunjang performa kendaraan agar sejiwa dengan pemiliknya. Seperti halnya pada kaca film yang ingin di pasang pada kaca mobil. Pandangan yang nyaman pada mata kita tentu memiliki batasan saat menyetir kendaraan maupun mata penumpang saat melihat keluar. Nah jendela yang nyaman dan baik seperti apa? Agar kenyamanan saat berkendara dapat kita rasakan.

Tentu sebagian pemilik kendaraan sudah mafhum dengan kaca film. Namun seringkali terkendala dengan pengetahuan seperti apa kaca film yang baik dan bagus untuk kendaraanya. Untuk itu saya ingin membagi pengalaman saya saat mengikuti satu rangkaian acara yang di selenggarakan oleh mobil123.com bersama Vkool Indonesia. Pada hari Rabu 26 Juli 2017, bertempat di V-KOOL Flagship Outlet Jl. Trembesi The Central 88 no.817 Kemayoran, Jakarta Utara. Bersama ibu Monita Cherline selaku Promotion dan Adv. Manager V-KOOL.

Mobil123.com portal otomotif no.1 memang raj…