Langsung ke konten utama

Smesco RumahKu

UKM
Marketeers Creativity Day

Senin 29 Februari 2016 lalu saya diperkenankan waktu hadir di gedung Smesco RumahKu di jalan Gatot Subroto Jakarta. Inilah kali pertama saya sebagai blogger mengunjungi gedung Smesco RumahKu yang sering dikenal sebagai pusatnya Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM). Untuk menghadiri sebuah laku geliat para pelaku KUKM merepresentasikan usaha mereka, yang kali ini bertemakan Soul of Bandung. Eh, dihadiri oleh Kang Emil juga lho. Dan ini merupakan rangkaian gelaran laku geliat KUKM event Marketeer Creativity Day pertama yang diselenggarakan oleh Smeco tahun 2016 ini. Dan akan banyak lagi agenda menarik lainnya yang nanti bakal menjadi ajang representatif pelaku KUKM dari seluruh daerah Indonesia, secara bergiliran perform soul of KUKM dari daerah masing-masing digelarkan di gedung Smesco RumahKu ini.

Smesco RumahKu adalah juga merupakan bangunan yang disengajakan menjadi gedung bagi para pelaku Koperasi dan UKM. Di Smesco RumahKu ini juga terdapat Galeri Indonesia Wow. Dan so pasti, seluruh produk UKM terpajang di sini. Dan bukan sekadar terpajang, juga sangat di mungkinkan terjadi transaksi bagi pengunjung yang sungguh meminati produk yang di pamerkan. Peran Smesco RumahKu yang digagas oleh Kemenkopukm ini menjadi sangat mungkin berkembang. Dari tempat pameran, learning, menjadi fasilitator yang menunjang produktifitas pelaku Koperasi dan UKM. Galeri yang hanya berfungsi sebagai wadah/tempat memajang produk UKM juga harus ditunjang dengan kemudahan bertransaksi melalui e-commerce.

Berikut beberapa space yang ada dalam Smesco Rumahku :
  1. Makerspace : Space yang berfungsi sebagai area experiment lab. Ruang khusus workshop  yang memamerkan proses pembuatan, sekaligus menguji keunggulan produk
  2. Creativity Hub : Space aktualisasi produk, yang bertujuan untuk menarik perhatian pengunjung, menciptakan crowd, dan meningkatkan traffic kunjungan pelanggan
  3. Curated Concept Store : Ruang-ruang display bagi produk yang telah lolos dari proses kurasi. Memiliki pasar offline dan online. Siap dimamerkan kepada buyer.
  4. Co working space/ Investor meeting space : Ruang pertemuan bagi investor / private equity atau venture capital yang siap menjadi mitra bagi KUKM tenant Galeri Indonesia Wow(GIW)

Mengenal lebih jauh lagi tentang Smesco RumahKu, hal ini tidak dapat dipisahkan dari Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkopukm). Sebab manifestasi program Kemenkopukm sebagiannya dapat kita lihat dalam Smesco Rumahku.  Seluruh bentuk, proses produk, hasil karya kreatif  anak bangsa  serta pemasarannya semua bisa terjadi disini. Smesco RumahKu adalah bentuk nyata kehadiran negara dalam mengayomi para pelaku koperasi dan UKM. Walaupun di yakini masih banyak kekurangannya. Hal ini menunjukan kerendahan hati pengurus Smesco RumahKu untuk terus belajar dan berproses dalam meningkatkan mutu kualitas diri Smesco RumahKu. Seperti yang disampaikan oleh Bpk Ahmad Zabadi yang menjadi Direktur Utama Smesco Indonesia saat ini. Dan saya sebagai blogger yang baru pertama kali mengunjungi Smesco RumahKu mesti banyak mengetahui lebih jauh lagi. Dan hal ini mejadi komitmen saya pribadi untuk menjadi bagian dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya, untuk menjadi cerita yang dapat saya bagikan melalui BlogNote.

hasil karya pelau UKM brand Bandung
Smesco RumahKu memiliki desain interior yang apik, menarik, juga simply dan modern, namun tidak meninggalkan kesan tradisionalnya, terutama area Galleri Indonesia Wow. Seluruh Area GIW ini terintegrasi antar satu space dengan space lainnya. Hal ini sangat membuat saya merunut seluruh pemandangan ruang pameran seperti dalam rumah. Bangunan luas yang besar ini tidak menampilkan blok-blok koridor yang kaku. Saya dengan santainya mengelilingi ruangan yang serasa mengalir dari lantai 1 hingga lantai 2. Saya bergerak dari tenant ke tenant dengan merasa asik tidak membosankan. Sungguh re-brand yang dilakukan, dulu smesco saja, kini menjadi merepresentasikan dengan penambahan kata RumahKu- Smesco Rumahku. Menjadi lebih Indonesia menurut saya. 

Menghadiri Perhelatan Soul Of Bandung di Galeri Indonesia Wow ini, saya dan teman-teman blogger juga sempat memanfaatkan salah satu ruang yaitu Co Working Space. Dalam ruangan ini kami di perkenalkan fungsi yang dapat di manfaatkan. Saat memasukinya dari pintu bercorak garis kotak kaca yang tembus pandang, nampak deretan kursi dan meja yang didesain kusus seperti ruang meeting, dan ruang bertransaksi. Dan juga terhubung dengan salah satu tenant yang memajang produk UKM yang menarik. Tampak sekali ruang yang representatif bagi ketersediaan ruang yang memenuhi kebutuhan ruang offline untuk bisa juga dengan mudah masuk ke ruang online. Bilah-bilah working space yang modern memungkinkan dengan cepat kita membuka laptop atau hanya sekedar mencharge smartphone.
 
Bapak Amad Zabadi (tengah)  dan para pelaku UKM berbincang dengan para blogger

Satu sudut khusus tertulis Marketeer Corner. Dan  space inilah yang mempertemukan kami para blogger bersama pelaku UKM dengan di pandu mbak Ika dan bapak Amad Zabadi. Bincang-bincang santai yang mengalir membangun hubungan yang lebih engage antara kami blogger dan Smesco RumahKu, ter-jowantahkan. Bahwa Smesco RumahKu bisa menjadi rumah bagi para blogger juga. Tentunya suara blogger juga mampu menjadi suarasuara yang membangun negeri kita ini bersama-sama. Khususnya bidang koperasi dan UKM. Dan saya mencoba menyimpulkan pertemuan hari ini 29 Februari 2016, menjadi moment yang baik untuk sama bekerja membangun melalui bidang masing-masing yang saling menguatkan. So , salah satu corong untuk menggaungkan UKM melalui online adalah blogger. Hai Blogger.. mari kita bekerja !!

LET’S YOUR BRAND COME TRUE kalimat ini mengiang selalu dalam benak. Begitu jugakah dengan para pelaku KUKM ? mari sama-sama kita mencari tahu.

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!

Postingan populer dari blog ini

Chrisye Dalam Film Layar Lebar

Rabu, 21 September 2016 lalu sebuah press conference awal sebuah film yang segera produksi berjudul Chrisye diselenggarakan. Saya mengikuti kegiatan tersebut setelah sebelumnya mendaftar melalui komunitas Blogger Reporter ID (BRID). Ini merupakan pengalaman yang menarik bagi saya untuk mengikutinya. Sebab produksi film ternyata tak hanya melalui berbagai proses yang sangat panjang namun juga memerlukan keseiringan dengan promosinya. Treatment sebuah produksi film setahu saya memang memerlukan waktu yang tidak pendek. Dan seiring berjalan produksi treatment promosi juga dilakukan, ini mungkin juga merupakan salah satu strategi bagi production house untuk setidaknya mampu menggandeng sponsor untuk produksi film mereka.
Film Chrisye yang akan mulai produksi pada awal tahun 2017 digarap bersama MNC picture dan Vito Global Visi. Dan akan disutradarai oleh Rizal Mantovani seorang sutradara Film Layar lebar dan juga memiliki kedekatan personal dengan sosok Chrisye. Kisah seorang sosok Chrisy…

Pahlawan Masa Kini

Apa yang dimaksud dengan Pahlawan ? dan bagaimana kaitannya dengan waktu masa kini? Dua pertanyaan ini muncul ketika saya berulang membaca kalimat Pahlawan masa kini. Dan kemudian saya renungi dengan seksama kalimat itu. Apa sesungguhnya arti pahlawan bagi sebagian orang pada masa kini. Tidak ada salahnya merenungi sebuah kalimat untuk memahami lebih jauh apa makna yang terkandung didalamnya. Namun kemudian muncul pertanyaan untuk apa berupaya keras memahami maknanya dan hal ini pun menjadi deretan pertanyaan selanjutnya menggenangi rasa ingin tahu saya lebih jauh.
Pahlawan dalam pengertian yang lacur di pahami sebagian orang jika dikaitkan dengan perjuangan kemerdekaan RI adalah orang yang sedang berperang mengangkat senjata. Yaitu orang-orang yang hidup pada masa perang yang berjuang merebut kemerdekaan dari penjajah. Dan selalu identik dengan orang yang membawa senjata berperang di medan tempur untuk menjadi pahlawan. Padahal jika kita mau menelisik kearah sudut pandang lain bahwa …

Potong Rambut di Kaizen

Sebelum mudik seperti biasa saya rapih-rapihin rambut, soalnya mau ketemu dan sungkeman dengan mertua. Kalau nggak rapi gimana gitu..udah setahun nggak ketemu. Tempat potong rambut langganan di Bonang di komplek tempat tinggal kebetulan lagi tutup, untungnya saya punya tempat potong rambut favorit di mall. Sambil nemanin istri belanja sekalian deh melipir ke KAIZEN buat potong rambut. Soal harga memang beda jauh sih dengan tempat potong rambut di komplek saya, tapi hasil potongnya sama-sama memuaskan.


Awalnya paling nggak suka potong rambut di mall. Sewaktu jalan ke mall bareng istri KAIZEN di mall Sumarecon Serpong baru saja buka. Dan pas banget rambut lagi gondrong, jadi lah istri maksain potong rambut di KAIZEN. Waktu baru buka harganya masih promo kalau nggak salah sekitar 25ribu. Setiap potong rambut selalu ditanyain mau model rambut kayak apa, kalau saya sih selalu bilang 1 senti, si mbaknya udah paham. Soalnya dari awal buka sudah beberapa kali potong rambut di KAIZEN Sumare…