Kreativitas di Era Digital - Anak Muda Punya Usaha

Maret 30, 2016

ono sembunglango

Jika boleh cucur saya mau cucur beneran nih. Sebenarnya mengikuti acara diskusi itu sungguh menjemukan. Apalagi diskusi yang berhubungan dengan wirausaha alias UKM. Karena pasti dalam diskusi itu tidak ada solusi yang pasti. Hehe bener gak ya... Namun berbeda kali ini. Forum Berbagi Info (FBI) dan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) menyelenggarakan diskusi menarik bertajuk Anak Muda Kreatif dan UMKM Digital. Bertempat di Bakoel Koffie Cikini, 23 Maret 2016 lalu. Dan hal apa yang menarik dari diskusi ini? Mari simak ulasan ini.

Dalam diskusi ini hadir dua narasumber keren dan kompeten. Yang pertama Braman Setyo yang saat ini menjabat Deputi III Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM. Nah bidang Pembiayaan ini kucatat dalam kepala dengan stabilo highlight hehe. Kedua adalah Mirwan Suwarso seorang Indonesia Entrepreneurship Initiative (IEI) yang juga seorang sutradara. Dan ternyata juga seorang yang terlibat langsung dalam kesuksesan aplikasi mobile tv Super Soccer TV yang mendunia. Keduanya membeberkan sebebernya hal yang menyangkut bidang kerja mereka.

Menggali tentang wirausaha dalam diskusi kali ini sungguh membuka lebar cakkrawala pengetahuan saya. Hal yang memang substansif dan praktikal diungkapkan oleh kedua narasumber. Braman Setyo selaku Deputi III Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM mengungkap perannya. Beliau menyampaikan data statistik pelaku UKM yang ada dalam kementrian Kop dan UKM. Dan juga beberapa kemajuan deregulasi perizinan Koperasi dan UKM  juga halnya pembiayaan Koperasi  dan UKM.  Perizinan usaha terutama di sektor Usaha Mikro sudah dipermudah.  Dan kemenkop UKM juga mulai memperhatikan Wirausaha Pemula Kreatif (WPK). 



Lain halnya yang disampaikan oleh Mirwan Suwarso, sebagai pelaku langsung dari start up yang sudah di bilang mendunia melalui aplikasi Super Soccer. Beliau menyampaikan bukti-bukti kreatifitas anak Indonesia yang mampu bersaing di kancah internasional. Secara memang Super Soccer sudah menjangkau belahan dunia lain eh negara luar maksudnya... hee. Dan juga beliau sampaikan dunia digital yang berkembang begitu pesatnya harus diringi dengan inovasi-inovasi baru. Kesempatan yang tercipta dalam dunia digital harus jeli dilihat sebagai peluang kreatifitas dalam berwirausaha. Melalui Indonesia Entrepreneurship Initiative (IEI) beliau sering mengadakan workshop-worskhop wirausaha dan development idea-idea kreatif anak-anak muda  yang berhubungan dengan digital.

Seorang karyawan yang memiliki gaji sebagai pemasukan keuangannya dalam setahun gak akan melampaui pemasukan si pemilik usaha. Ini ungkapan motivasi sang sutradara bahwa anak muda harus mampu me-creat usahanya sendiri, tidak melulu mendapat pemasukan dari bekerja menjadi karyawan. Nah peluang-peluang usaha harus terus tercipta, terus bertumbuh, terus berkembang dan terus berproses dengan mental baja pastinya. Salam Revolusi Mental!

Diskusi ini terselenggara berkat inisiasi sebuah gerakan bernama ‘ANAK MUDA PUNYA USAHA’ atau Gerakan AMPUH. Salah seorang penggagasnya, seorang entrepreneur muda, bernama Dimas Oky Nugroho, yang juga dikenal pula sebagai aktivis dan pengamat politik. Dimas menyatakan sudah saatnya Indonesia memberikan perhatian yang super serius dengan kebangkitan kaum muda kreatif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. “Hanya anak muda yang berjiwa entrepreuner yang bisa membawa perubahan dan membawa bangsa ini kompetitif di era globalisasi khususnya MEA. Dengan berwirausaha disitulah sesungguhnya nasionalisme anak-anak muda berwujud”, tegas Dimas.

Juga moderasi diskusi Restu Utami, juru bicara Gerakan AMPUH, menyatakan selanjutnya pihaknya akan melakukan sosialisasi gerakan ini ke berbagai basis-basis komunitas anak muda termasuk kampus dari Aceh sampai Papua.

Hingga saat ditulisnya review diskusi ini, Gerakan AMPUH sementara ini berkantor di Jalan Halimun no 11 B, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan. Ikuti terus perkembangannya dan program-programnya di fanpage FB: Anak Muda Punya Usaha dan IG: @gerakanampuh.

Sampai Jumpa dalam diskusi selanjutnya.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Kalo ada kue cucur mah ga bosen ikut diskusi ,bisa nambah ilmu tentang UKM dan kewirausahaan.#eh

    BalasHapus
  2. Kalo ada kue cucur mah ga bosen ikut diskusi ,bisa nambah ilmu tentang UKM dan kewirausahaan.#eh

    BalasHapus
  3. Kalo ada kue cucur mah ga bosen ikut diskusi ,bisa nambah ilmu tentang UKM dan kewirausahaan.#eh

    BalasHapus
  4. kalau tema tentang UKM, biasanya menarik bagi saya
    tambah network dan peluang juga heheee
    salam sehat dan sukses amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang selalu menarik mas,terimaksih sudah mampir. Salam riang gembira selalu sukses juga yaaa 😊

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!