Onggy Hianata Sang Inspirator Dunia

Maret 16, 2018

Onggy Hianata di tengah para blogger di Jakarta 

Pertemuan yang singkat seringkali meninggalkan kesan mendalam pun dengan seseorang walau tanpa berbincang dengannya. Pernahkah suatu ketika duduk-duduk di sebuah kedai, warung, cafe, atau angkringan sekalipun mendengarkan perbincangan seseorang di sebelah kita? Atau pada suatu ketika berada dalam suatu acara dan mengikuti acara tersebut lalu khusuk mengikuti seseorang yang berbicara didepan itu dengan fokus?.

Saya sering mengalami, termasuk seringlah, yang demikian itu dapat dikatakan dejavu yang artinya seolah pernah merasakan berjumpa atau sesuatu yang dinantikan sejak lama kini bertemu. Padahal memang belum pernah terjadi sebelumnya, dan lalu terjadi dihadapan kita saat itu.

Dan salah satunya saat melihat sosok satu ini beliau adalah Onggy Hianata. Seorang yang hanya ingin di sebut sebagai inspirator. Dalam sebuah pertemuan singkat dengan beberapa blogger disebuah co-working space DLab di kawasan Menteng Jakarta Pusat.  Dan saya salah satu yang termasuk didalamnya duduk mendengarkan dengan tertib dan sesekali memotret beliau.

Onggy Hianata

Siapa Onggy Hianata? Sebelumnya memang saya memilih mendengar saja apa yang disampaikan. Sebelum bapak Onggy sendiri tampil menjadi pembicara. Ada tiga keluarga yang terlebih menceritakan pengalaman mengikuti A Life Changing Bootcamp. Ketiga nya menceritakan kesan selama mengikuti bootcamp dengan senang dan gembira karena mereka menemukan sebuah peristiwa hidup yang sangat memberi kebaikan atas apa yang mereka jalani. 

Dan semakin membuat penasaran seperti apa bootcamp yang dijalani oleh mereka yang pernah mengikuti ini hingga sedemikian merasa beruntungnya mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut. Apakah nanti akan terjadi juga pada saya? ah biarlah rasa penasaran ini bergulir mengalir mengikuti waktu, karena saya percaya takdir di tentukan oleh waktu yang nanti di pertemukan atau tidak pada kegiatan bootcamp tersebut.

Onggy Hianata

Akhirnya tiba giliran Bapak Onggy Hianata sendiri menyampaikan perkenalan siapa sosok beliau dan beliau menjelaskan dengan nada santun dan bersahaja sekali. Gaek juga kharisma sebagai pembicara kelas dunia. Ya sebab asumsi yang dapat sebelum hadir disini beliau adalah seorang motivator. Namun dengan gamblang beliau mengatakan bukan beliau yang memotivasi hingga orang-orang yang menyampaikan testimoni tadi berhasil menemukan kebahagiaan yang dicari. Namun kehadiran mereka pada bootcamp yang membawa serta hati (surrender) untuk menmukan kebahagiaan tersebut. 

Seorang Onggy Hianata sendiri sesungguhnya bukan siapa-siapa. Ia hanyalah seorang sosok manusia yang turut memberi bagi pengalaman hidup. Beliau pernah susah juga, seringkali gagal dan tetap menjalani hidup. 

Singkatnya, pria kelahiran Tarakan dan besar hingga usia SMA di Kalimantan lalu merantau ke Surabaya hingga akhirnya hidup di Jakarta. Dengan pengalaman hidup yang penuh hikmah dari ketidak pastian yang membuatnya terus berjuang. Mencari dan terus berjuang hingga akhirnya menemukan apa yang di mimpikannya. Dan kini bahkan situasinya menjadi berbalik 180 derajat. Beliau memiliki pencapaian kemapanan hidup, kebebasan waktu dan finansial juga nilai kehidupan. 

Lalu alasan tersebut akhirnya yang menjadikan EDUNET GLOBAL didirikan untuk menularkan kesuksesan tersebut. Walaupun sebelumnya berbagai kegiatan untuk menyentuh banyak kehidupan lain agar semakin baik. Melalui pembinaan mental "Value Your Life - A Life Changing Bootcamp". Beliau menggali dan membangkitkan kembali potensi terbaik dari setiap orang. 

Kini bahkan segala dedikasi beliau melalui pembinaan mental yang telah berjalan sejak tahun 2003 hingga saat ini telah di hadiri lebih dari 75 negara di dunia. Perubahan yang dirasakan langsung oleh peserta yang telah mengikuti bootcamp sangat luar biasa. Ribuan orang sudah berhenti dari ketergantungan rokok, narkoba, alkohol dan kebiasaan buruk lainnya.   

Dan kini telah berkembang jauh melebihi harapannya selama ini, hingga organisasi tersebut berkembang di 5 benua yang cuma ada di dunia ini. Hingga beberapa prestasi dan penghargaan pun di terima beliau dari dunia Internasional, diantaranya sebagai berikut:


  1. Organisasinya telah meraih 5 Guines World Record
  2. Menjadi pembicara dalam beberapa forum dan pembinaan kelas dunia di penjuru Asia dan  Afrika
  3. Menyandang gelar warga kehormatan dari pemerintah Kamerun.
  4. Menjadi Cover Story majalah terkemuka  internasional yang berbasis di Amerika Serikat, yang juga pernah memuat profil utama dari Richard Branson (CEO Virgin Atlantic), Rich DeVos dan puluhan tokoh sukses dunia lainnya. 
  5. Menjadi salah satu pembicara tamu dalam program John C. Maxwell di Amerika Serikat.

Sekelumit tentang kisah penuh inspirasi beliau kini dapat disaksikan dalam Film Terbang Menembus Langit. Beliau yang terlahir dan besar sebagai warga Indonesia dan warga dunia. menjadi inspirasi tak habis bagi siapa pun. Melalui film ini gambaran sesungguhnya dari seorang Onggy Hianata sangat jelas dan sangat menginspirasi saya.

Semoga juga di luar sana dapat memetik kisah beliau menjadi inspirasi yang baik bagi kehidupan mereka. sebab siapa pun berhak mendapat yang terbaik dari sisi diri mereka sendiri. Untuk itulah menularkan inspirasi menjadi semangat penting dari sosok Onggy Hianata. 

Demikian,
Salam.

Foto Keluarga bareng Blogger 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jadi ingin lebih dekat dengan bapak Onggy, biar ketularan semangatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikutan bootcamp nya aja mas.. hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung dan berbagi...
Bergembira selalu !!